Selamat datang di mediapangandaran.com
Ketahui 3 Manfaat Buah Kelubi untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui 3 Manfaat Buah Kelubi untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui 3 Manfaat Buah Kelubi untuk Kesehatan Tubuh
MediaPangandaran.Com - Sedikit disadari masyarakat Indonesia kalau nyatanya manfaat buah kelubi amatlah beragam. Buah yang sering diidentikkan dengan buah salak ini dapat dimakan secara rutin sebagai makanan 'treatment' untuk memulihkan keadaan kulit manusia sekaligus mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Tanaman yang dapat tumbuh subur di hutan sekeliling mata air atau rawa ini mempunyai nama latin Eleiodoxa conferta dan tergolong ke dalam genus monotypic dan keluarga Arecaceae. Tumbuhan kelubi terhitung cukup adaptif pada lahan berkadar air tinggi. Adapun habitat untuk kelubi adalah daratan Malaysia, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, dan Bangka.

Mengingat ciri tubuhnya yang amat mirip dengan salak dan lantaran pohonnya banyak hidup secara liar di beberapa kawasan, buah kelubi seringkali dinamakan salak hutan atau salak liar.

Terbebas rasanya yang lumayan asam, masyarakat Ogan Komering Ilir di Sumatera Selatan memanfaatkan buah kelubi untuk dijadikan campuran sambal terasi pedas. Sedangkan di Kalimantan Timur, kelubi lebih familiar selaku bahan manisan. Lalu, apa sajakah manfaat buah kelubi untuk tubuh?

Manfaat Buah Kelubi Untuk Kesehatan Tubuh

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari buah kelubi untuk kesehatan tubuh yang layak diketahui.

1. Sumber Vitamin C
Rasa asam sepet dari buah kelubi menunjukkan bahwa buah satu ini mengandung vitamin C yang relatif tinggi. Hal ini tentu dapat digunakan untuk mencukupi keperluan nutrisi dalam tubuh.

2. Mengecilkan Pori-Pori
Wanita kerapkali menemukan masalah ketika sedang menerapkan make up ke wajahnya, yakni pori-pori wajah yang besar. Tak cuma akan merusak tampilan harian, keadaan pori-pori yang besar akan menyebabkan make up yang diterapkan menjadi cakey dan tidak melekat dengan sempurna.

Berdasarkan salah satu riset, buah kelubi mengandung asam askorbat, yaitu suatu senyawa astringent yang amat baik bagi kesehatan kulit, salah satunya adalah memperkecil pori-pori kulit.

3. Mengatasi Kulit Berminyak dan Jerawat
Buah kelubi pun bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan ketika Anda mengalami masalah kulit berjerawat dan berminyak. Anda dapat memilih untuk mengonsumsinya langsung atau mengubahnya jadi masker wajah alami untuk memelihara kulit lebih sehat.

Nah, untuk membuat masker dari kelubi, caranya adalah sebagai berikut. Sediakan 3 buah kelubi dan lumatkan memakai blender hingga betul-betul halus.

Terapkan masker kelubi ke wajah dan leher dengan cara merata. Pada tahap ini, usahakan untuk menjauhi daerah di seputar mulut, lubang hidung, dan mata.

Tunggulah selama kira-kira 30 menit atau hingga masker kelubi mengering. Bila sudah, lekas bilas dengan air dingin hingga bersih.

Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan kelubi secara teratur hingga masalah kulit seperti kulit berminyak, bopeng, maupun jerawat teratasi.

Demikian sepintas informasi mengenai kehadiran kelubi dan beragam manfaat buah kelubi yang penting dikenali. Meski jarang diungkap, terbukti kelubi menyimpan segudang manfaat yang menarik. (MS/MP-Kesehatan).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.