Selamat datang di mediapangandaran.com
6 Manfaat Bekam serta Efek Sampingnya yang Wajib Diketahui

6 Manfaat Bekam serta Efek Sampingnya yang Wajib Diketahui

6 Manfaat Bekam serta Efek Sampingnya yang Wajib Diketahui
MediaPangandaran.Com - Bekam ialah praktik yang seringkali dipergunakan pada pengobatan tradisional di beberapa negara di dunia, tak terkecuali di Timur Tengah dan Cina. Pengobatan ini telah ada semenjak ribuan tahun yang lalu dan manfaat bekam diyakini ampuh untuk mengurangi nyeri otot dan rasa sakit.

Walau masih dibutuhkan banyak penelitian medis tentang bekam, tetapi manfaat dari bekam diduga amat baik bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat dan efek samping bekam? Mari simak paparan berikut ini.

1. Melancarkan Peredaran Darah
Manfaat bekam yang pertama adalah bisa memperlancar peredaran darah. Terapi bekam dengan penyedotan darah kotor bermanfaat untuk menaikkan aliran darah sehingga menyebabkan pembuluh darah jadi lebih kuat dan darah yang tersumbat pun jadi lancar kembali.

2. Membuang Angin dan Kolesterol
Bekam pun dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan angin dan kolesterol tubuh. Angin dan kolesterol ada bersama darah di dalam lapisan kulit. Manfaat bekam ini bisa membuang hal-hal itu yang tidak jarang menjadi penyebab penyakit. Angin dan kolesterol yang terhimpun di permukaan kulit bisa ditarik keluar dengan jalan menyedot darah kotor sehingga darah itu menjadi bersih dan sehat.

3. Mengatasi Kelelahan
Kelelahan kerap dialami nyaris oleh semua orang. Kecuali dengan terapi pijatan, menjaga pola diet, dan istirahat, Anda dapat mengatasi kelelahan dengan mengadakan terapi bekam. Kelelahan timbul karena adanya syaraf-syaraf yang kaku dan akan mereda dengan terapi bekam.

4. Meredakan Nyeri
Manfaat terapi bekam dapat membantu Anda mengurangi nyeri dan rasa sakit yang tengah dialami, seperti sakit rematik, encok, perut, punggung, dada, bahu, pinggang dan sakit lainnya. Di samping itu tekanan darah tinggi, batuk, migrain, dan sakit gigi pun dapat disembuhkan dengan menjalankan terapi bekam.

5. Memperbaiki Sistem Tubuh
Terapi bekam dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas organ tubuh dan sistem tubuh Anda. Hal ini lantaran terapi bekam akan meningkatkan aktivitas saraf tulang belakang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kecerdasan, daya ingat, dan menajamkan penglinghatan Anda.

6. Melepas Racun dalam Tubuh
Proses hisap ketika bekam akan memicu jaringan untuk membuang racun lewat darah. Aliran darah ini berfokus untuk menunjang tubuh mengeluarkan racun lewat sistem limfatik. Sistem limfatik berperan untuk membuang racun dan limbah lainnya dari dalam tubuh.

Meskipun mempunyai banyak manfaat, bekam pun mempunyai efek samping yang tidak dapat dihindari. Adapun efek samping dari bekam antara lain adalah luka bakar, rasa pusing, penularan hepatitis, dan luka sayatan. Untuk mencegah efek samping itu sebaiknya melakukan bekam oleh terapis yang telah benar-benar profesional.

Demikianlah manfaat bekam yang dapat dirasakan bagi tubuh. Tetapi untuk penggunaannya Anda mesti tetap berhati-hati sebab ada efek samping dari bekam ini. Jadi, gunakanlah bekam sewajarnya saja dan sesuaikan menurut kebutuhan Anda! (MS/MP-Kesehatan).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.
Next
This Is The Current Newest Page