Selamat datang di mediapangandaran.com
5 Manfaat Shea Butter Bagi Kecantikan Kulit

5 Manfaat Shea Butter Bagi Kecantikan Kulit

5 Manfaat Shea Butter Bagi Kecantikan Kulit
MediaPangandaran.Com - Manfaat shea butter telah banyak diketahui umum semenjak beberapa abad silam. Lemak alami yang dihasilkan dari kacang pohon shea dengan cara dikeringkan, dipanggang dan digiling ini mempunyai kandungan nutrisi beragam yang amat bermanfaat dalam melindungi kesehatan kulit dan rambut manusia.

Lebih jauh lagi, berikut adalah beberapa manfaat ekstrak shea butter bagi kecantikan kulit yang penting diketahui.

1. Mengobati Luka Bakar Ringan
Kandungan anti radang yang terdapat pada shea butter dipercaya dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Selain itu, asam lemaknya dapat meringankan luka bakar ringan seperti sunburn dengan menjaga kelembaban bagian kulit selama proses penyembuhan terjadi.

2. Sebagai Tabir Surya dan Pelembab Bibir
Secara global, shea butter dapat bekerja sebagai emolien yang dapat melembapkan sekaligus menghaluskan kulit kering. Kandungan SPF (sun protection factor) bisa digunakan selaku tabir surya tambahan untuk melindungi kulit dari risiko terkena paparan sinar matahari yang membahayakan.

3. Memperlambat Penuaan
Timbulnya garis halus dan kerutan di kulit wajah merupakan tanda-tanda penuaan yang paling dibenci kaum wanita. Kandungan triterpenoid yang terdapat di dalam shea butter dipercaya efektif meningkatkan produksi kolagen untuk mengenyalkan tekstur kulit. Ada juga vitamin A dan E yang amat baik dalam menunjang proses peremajaan kulit.

4. Mengurangi Stretch Marks
Stretch marks kerapkali dinilai sebagai hal yang bisa merusak penampilan seorang wanita. Untuk mengatasi hal itu, pemakaian shea butter bisa menjadi alternatif murah yang gampang untuk ditempuh. Kandungan vitamin A dan E yang ada pada shea butter bisa melembapkan serta memulihkan kelenturan kulit.

Pada ujungnya, hal ini akan membantu menghindari sekaligus mengurangi stretch marks yang ada. Salah satu penelitian skala internasional memperlihatkan bahwa asam lemak esensial yang ada pada shea butter dapat menghidrasi kulit dan menekan pertumbuhan keloid.

5. Mencegah Jerawat dan Mengobati Infeksi Kulit
Banyak mengandung beragam jenis asam lemak esensial, rutin menerapkan shea butter diklaim bisa mengendalikan produksi minyak berlebih dan memulihkan serta menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu kulit tidak terlalu berminyak dan terasa kering. Lantaran kestabilan kadar minyak dalam kulit terpelihara, risiko munculnya jerawat bisa dikurangi.

Di samping itu, ragam nutrisi pada shea butter dapat menyikat habis jamur penyebab kurap, kutu air, dan infeksi kulit. Tak aneh bila kemudian shea butter banyak digunakan untuk mengobati infeksi kulit karena tungau, seperti kudis.

Sampai sekarang terdapat dua jenis shea butter yang paling banyak ditemukan di pasaran. Yaitu refined shea butter dan unrefined shea butter. Refined shea butter merupakan shea butter yang telah melalui proses penyaringan. Sedangkan unrefined shea butter merupakan varian murni dari shea butter.

Bila kita berbicara masalah manfaat shea butter, maka unrefined shea butter mempunyai efektifitas yang lebih baik ketimbang refined shea butter. Tetapi tentu harganya lebih mahal dibanding refined shea butter. (MS/MP-Kecantikan).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.