Selamat datang di mediapangandaran.com
5 Manfaat Sawi Caisim untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Sawi Caisim untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Sawi Caisim untuk Kesehatan Tubuh
MediaPangandaran.Com - Ada banyak sekali manfaat sawi caisim untuk kesehatan yang dapat kita rasakan. Mulai dari pengurangan berat badan hingga menghindari risiko kanker. Anda tertarik untuk mengenalinya lebih jauh?

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan saat Anda teratur mengonsumsi sawi caisim.

1. Sumber Antioksidan
Sawi caisim mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dibutuhkan tubuh. Hadirnya vitamin A dan C serta beberapa senyawa lainnya, menyebabkan sawi caisim menjadi salah satu jenis sayuran bercita rasa lezat yang efektif melawan radikal bebas sekaligus menjaga sel tubuh dari adanya potensi kerusakan.

2. Detoksifikasi Tubuh
Manfaat mengonsumsi sawi caisim secara teratur diharapkan bisa membuang racun yang tersimpan di dalam tubuh. Ketika kita sedang beraktivitas, kita tidak dapat mengendalikan sepenuhnya asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Tanpa disadari terdapat banyak sekali zat berbahaya yang termakan.

Meski barangkali jumlahnya tidak terlalu banyak, tetapi sejalan dengan berjalannya waktu, beberapa zat berbahaya itu dapat menumpuk dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, tubuh kita membutuhkan perlindungan, baik dari dalam maupun luar tubuh.

Salah satunya ialah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat yang dapat menghilangkan segala macam racun di dalam sistem pencernaan. Kandungan klorofil yang terdapat dalam sawi caisim dipercaya dapat membantu membuang racun di dalam tubuh manusia.

3. Menjaga Sistem Imun
Pada intinya, sistem imun bermanfaat untuk menjaga tubuh sekaligus menangkal seluruh patogen yang bisa jadi menyebabkan infeksi. Sistem imun manusia dapat terlindungi dan malahan meningkat, ketika asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh gizinya terjamin.

Mengingat sawi caisim mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, maka mengonsumsinya secara teratur akan menaikkan sistem imun kita sehingga tubuh dapat bekerja secara baik.

4. Mencegah Kanker Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi pada sawi caisim bisa menghindari timbulnya kanker. Selain itu sawi caisim mempunyai suatu komponen bernama glucosinolate yang baik untuk menghambat pertumbuhan berbagai macam sel kanker.

5. Baik untuk Ibu Hamil dan Janin
Dari demikian banyak jenis sayuran yang ada, sawi caisim tergolong sebagai deretan teratas untuk sayuran yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan sawi caisim dapat menambah asupan asam folat dimana kandungan itu amatlah diperlukan bagi ibu hamil serta tumbuh kembang janin. Seperti kita tahu, asam folat memegang fungsi utama dalam pertumbuhan bayi sebab dapat mempengaruhi penyusunan sel dan DNA.

Demikianlah beberapa manfaat sawi caisim yang dapat kita peroleh saat teratur mengonsumsi olahan sawi caisim sehari-harinya. Walau biasa dijual dengan harga terjangkau, nyatanya manfaat yang dapat diperoleh darinya cukup beragam. (MS/MP-Kesehatan).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.