Selamat datang di mediapangandaran.com
Tidak Suka Susu Sapi? Ini Susu Alternatif Pengganti Susu Sapi

Tidak Suka Susu Sapi? Ini Susu Alternatif Pengganti Susu Sapi

Tidak Suka Susu Sapi? Ini Susu Alternatif Pengganti Susu Sapi

MediaPangandaran.Com - Susu sapi merupakan suatu minuman yang disukai banyak orang. Selain memiliki rasa yang nikmat, susu sapi memiliki kandungan beberapa gizi yang bagus untuk badan. Selain diminum langsung, beberapa orang memproses susu sapi jadi beberapa olahan minuman atau makanan.

Dikutip dari Healthline, susu sapi memiliki kandungan profile gizi yang mengagumkan karena kaya protein berkualitas tinggi dan mineral dan vitamin penting, terhitung kalsium, fosfor, dan vitamin B.

Kenyataannya, 1 cangkir (240 ml) susu murni sediakan 146 kalori, 8 gr lemak, 8 gr protein, dan 13 gr karbohidrat.

Tetapi, tidak dipungkuri jika ada sebagian orang yang tidak dapat konsumsi susu sapi karena beberapa argumen, seperti alergi susu sapi, intoleransi laktosa, lain-lain, dan diet.

Untungnya, sekarang ini ada banyak alternative alternatif susu yang menjadi opsi. Berikut beberapa susu alternative alternatif susu sapi yang dapat dibikin di rumah.

1. Susu kedelai

Susu kedelai dibikin dari kedelai atau isolat protein kedelai. Susu kedelai kerap kali memiliki kandungan bahan pengental dan minyak nabati untuk tingkatkan stabilitas dan rasa.Umumnya susu kedelai mempunyai rasa yang lembut.

Secangkir (240 ml) susu kedelai tanpa pemanis memiliki kandungan 80-90 kalori, 4-4,5 gr lemak, 7-9 gr protein, dan 4 gr karbohidrat.

Dalam soal gizi, susu kedelai nyaris seperti alternatif susu sapi. Susu kedelai memiliki kandungan jumlah protein yang serupa dengan susu sapi, tapi kandungan kalori, lemak, dan karbohidrat cuman setengahnya.

Menurut sebuah study dengan judul "Evaluating the quality of protein from hemp seed (Cannabis sativa L.) products through the use of the protein digestibility-corrected amino acid skor metode", susu kedelai memiliki kandungan asam amino fundamental.

Asam amino tidak bisa dibuat oleh badan, tapi dapat didapat dari makanan.

2. Susu kacang badam (almond milk)

Susu kacang badam atau almond dibuat dari kacang almond air dan utuh.Susu almond mempunyai struktur yang enteng, rasa yang sedikit pedas dan manis.

Dalam penyuguhannya, susu almond dapat ditambah ke kopi dan teh, digabung dalam smoothie, dan dipakai sebagai alternatif susu sapi pada makanan penutup.

Secangkir (240 ml) susu almond tanpa pemanis memiliki kandungan 30-35 kalori, 2,5 gr lemak, 1 gr protein, dan 1-2 gr karbohidrat.

Diperbandingkan dengan susu sapi, susu almond memiliki kandungan kurang dari seperempat kalori dan kurang dari 1/2 lemak.

Disamping itu, secara berarti memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang rendah. Ditambah lagi, susu almond ialah sumber alami vitamin E, satu kelompok anti-oksidan yang menolong membuat perlindungan badan dari radikal bebas.

3. Santan

Santan mempunyai struktur yang creamy dan rasa kelapa yang manis tetapi lembut. Secangkir (240 ml) memiliki kandungan 45 kalori, 4 gr lemak, tanpa protein dan nyaris tidak ada karbohidrat.

Santan memiliki kandungan sepertiga kalori susu sapi, 1/2 lemak dan secara berarti semakin sedikit karbohidrat dan protein.

Kenyataannya, santan mempunyai kandungan karbohidrat dan protein paling rendah dari semua barisan susu non dairy.

Santan kemungkinan bukan opsi terbaik untuk mereka yang memerlukan protein tinggit, tapi itu akan pas buat mereka yang ingin kurangi konsumsi karbohidrat mereka.

Ditambah lagi, sekitaran 90 % kalori dari santan berawal dari lemak jemu, terhitung tipe lemak jemu yang dikenali sebagai trigliserida rantai menengah (MCT).

Riset berudul "Impact of a traditional dietary supplement with coconut milk and soya milk on the lipid profil in normal free living subjects" memperlihatkan jika MCT bisa menolong kurangi selera makan, menolong turunkan berat tubuh, dan tingkatkan kandungan cholesterol darah lebih dari lemak lainnya.

4. Susu oat

Dalam memiliki bentuk yang paling simpel, susu oat dibikin dari kombinasi air dan oat.Meski begitu, produsen kerap menambah bahan tambahan untuk hasilkan rasa dan struktur yang diharapkan.

Susu oat mempunyai rasa manis natural serta rasa yang enteng. Susu tipe ini dapat dipakai dalam mengolah secara sama dengan susu sapi, dan rasanya nikmat dengan smoothie atau sereal.

Secangkir (240 ml) memiliki kandungan 140-170 kalori, 4,5-5 gr lemak, 2,5-5 gr protein, dan 19-29 gr karbohidrat.

Susu oat memiliki kandungan jumlah kalori yang serupa dengan susu sapi, 2x lipat jumlah karbohidrat dan sekitaran 1/2 jumlah lemak dan protein.

Menariknya, susu oat kaya serat keseluruhan dan beta-glukan, semacam serat terlarut yang membuat gel kental saat melalui usus. Gel beta-glukan bisa mengikat cholesterol dan kurangi peresapannya dalam badan.

Menurut sebuah riset dengan judul "Cholesterol-lowering efeks of oat β-glucan: a meta-analysis of randomized controlled trials", zat ini menolong turunkan kandungan cholesterol, khususnya cholesterol LDL, tipe yang berkaitan dengan kenaikan resiko penyakit jantung.

Satu study pada pria dengan cholesterol tinggi dengan judul "Consumption of oat milk for 5 weeks lowers serum kolesterol and LDL kolesterol in free-living men with moderate hypercholesterolemia" mendapati jika konsumsi 25 ons (750 ml) susu oat tiap hari sepanjang lima minggu turunkan cholesterol keseluruhan sejumlah 3% dan cholesterol LDL sejumlah 5%.

Ditambah lagi, riset lain dengan judul "The role of meal viscosity and oat β-glucan characteristics in human appetite kontrol: a randomized crossover trial" sudah memperlihatkan jika beta-glukan bisa menolong tingkatkan hati kenyang dan turunkan kandungan gula darah sesudah makan.

5. Susu Mete

Susu mete dibikin dari kombinasi kacang mete atau pasta air dan mete.Susu ini mempunyai rasa pedas yang lembut dan manis.

Umumnya, susu mete dipakai untuk smoothie, creamer dalam kopi, dan sebagai alternatif susu sapi pada makanan penutup.

Secangkir (240 ml) susu mete tanpa pemanis cuman memiliki kandungan 25-50 kalori, 2-4 gr lemak, 0-1 gr protein, dan 1-2 gr karbohidrat.

Susu kacang mete memiliki kandungan kurang dari sepertiga kalori susu sapi, setengah lemaknya dan secara berarti semakin sedikit karbohidrat dan protein.

Karena kandungan proteinnya rendah, susu mete kemungkinan bukan opsi terbaik untuk orang dengan keperluan protein yang tinggi.

Dengan 25-50 kalori per cangkir (240 ml), susu mete tanpa pemanis ialah opsi yang baik dan rendah kalori untuk mereka yang ingin kurangi keseluruhan konsumsi kalori harian mereka.

Kandungan karbohidrat dan gula yang rendah menjadikan opsi yang pas untuk orang yang penting mengawasi konsumsi karbohidratnya, seperti pasien diabetes.

Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.