Selamat datang di mediapangandaran.com
Porsche Taycan Cross Turismo 2021, Mobil Listrik dengan Ketangguhan Off-Road

Porsche Taycan Cross Turismo 2021, Mobil Listrik dengan Ketangguhan Off-Road

Porsche Taycan Cross Turismo 2021, Mobil Listrik dengan Ketangguhan Off-Road
MediaPangandaran.Com - Beberapa waktu lalu Porsche meluncurkan mobil teranyarnya bernama Taycan Cross Turismo 2021. Secara tampilan, Taycan Cross ini mempunyai bodi lebih panjang dan lebar. Sepintas mirip dengan potongan varian station wagon lantaran bagian belakangnya dipotong sehingga tidak berbentuk sedan.

Versi produksi masalnya inipun mirip dengan model konsepnya, yakni Mission E Cross Turismo yang pernah mejeng di ajang Geneva International Motor Show pada 2018 lalu.

Meskipun nampak seperti station wagon, pihak pabrikan menyebut mobil ini merupakan sebuah crossover sebab mempunyai kemampuan off-road yang lebih baik ketimbang versi Taycan reguler.

Menilik sektor interior, bagian atas dan bawah dasbor berupa sayap membentang di bagian depannya. Pada bagian tengah ada layar 10,9 inci, sementara itu untuk bagian penumpang ada layar kaca bertampilan black panel.

Berkat perubahan pada bagian atap, ruang penumpang belakang sekarang mempunyai head room yang lebih luas (47 mm) ketimbang Taycan versi standar. Bagian ruang bagasi pun lebih gampang sebab bukaan pintunya jadi lebih lebar.

Ground clearance-nya juga dapat diatur menjadi lebih tinggi dengan sistem Porsche 4D Chassis Control yang bisa secara real time menganalisis serta mengatur sistem sasis.

Fitur ini terhubung dengan suspensi udara yang dinamakan Porsche Active Suspension Management (PASM) yang telah mempunyai fungsi smartlift.

Ruang Kepala Lebih Lega
Di samping itu, Taycan Cross Turismo mempunyai fitur Gravel Mode yang berguna untuk membantu waktu melintasi jalur off-road ringan semisal permukaan jalan berlumpur atau gravel. Dengan mode ini maka ketinggian mobil dapat ditingkatkan sampai 30 mm.

Ketika Gravel Mode aktif, sistem traksi pada mobil akan dimaksimalkan. Demikian pula dengan karakteristik throttle sehingga kendaraan dapat dikendalikan secara akurat dan tenaga dapat tersalurkan secara tepat.

Porsche Taycan Cross Turismo dipersenjatai dengan motor listrik pada keempat roda alias penggerak all-wheel drive. Motor listrik ini menyediakan pilihan 470 dk, 563 dk, 671 dk dan 750 dk bersama launch control spesial varian paling kencang.

Untuk varian standar bisa berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 4,8 detik dengan kecepatan maksimalnya mencapai 219 kpj. Sedangkan untuk varian terkencangnya bisa berakselerasi 0-100 kpj dalam tempo 2,7 detik dengan kecepatan maksimalnya 250 kpj.

Porsche Taycan 4S Cross Turismo
Motor listrik itu disokong oleh Performance Battery Plus yang disusun oleh 2 dek berisikan 33 cell modul di mana setiap modulnya terbagi menjadi 12 cell sehingga total cell-nya sebanyak 396.

Total kapasitas baterainya mencapai 93,4 kWh. Baterai ini bisa diisi ulang dari 5% ke 80% dalam waktu 22,5 menit bila pengguna memakai tempat pengisian daya fast charging. Dalam keadaan baterai penuh Porsche Taycan 4S mempunyai estimasi 203 mil atau sepadan 326,6 km.

Cross Turismo datang dalam beberapa trim yakni Taycan Turbo S Cross Turismo, Taycan Turbo Cross Turismo, Taycan 4S Cross Turismo, dan Taycan 4 Cross Turismo.

Masalah harga, Porsche Taycan Cross Turismo dibanderol dengan harga mulai dari EUR 79.340 atau setara Rp1,36 miliar sampai EUR140.000 atau setara dengan Rp2,41 miliar. (MS/MP-Oto)
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.