Selamat datang di mediapangandaran.com
Pemda Pangandaran Ajukan 92000 Pelaku UMKM, Penerima BPUM Dipastikan Tepat Sasaran

Pemda Pangandaran Ajukan 92000 Pelaku UMKM, Penerima BPUM Dipastikan Tepat Sasaran

MediaPangandaran.com - Sejumlah 32.762 pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pangandaran sudah diajukan mendapatkan bantuan. Bantuan Produktif Usaha MIkro (BPUPUM) dipastikan tepat sasaran.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Disan Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tina Maryana menjelaskan, untuk memastikan penerima BPUM tepat sasaran, beberapa metode sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pangandaran.

“Pertama kami menerima ajuan dari Desa, karena kan mereka yang paling dekat dengan masyarakat dan mengerti siapa saja yan punya usaha. Ya kalau kita turun sendiri untuk verifikasi kan waktunya terbatas,” ungkap Tina kepada Wartawan Selasa (01/06/2021).

Untuk Pengajuan BPUM, kata Tina, setiap Desa juga dipastikan membawa Surat Keterangan Usaha (SKU) ke Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM untuk memastikan bahwa nama yang diajukan benar benar pelaku Usaha yang bisa mendapatkan bantuan.

“SKU ini kan bukti legal bahwa calon penerima BPUM adalah pelaku UMKM. saat calon penerima bantuan datang ke Bank, mereka juga kan diminta foto jenis usahanya. BPKP, juga sempat kesini kemarin untuk memastikan, pasti tepat sasaran dong,” paparnya.

Sebetulnya, ucap Tina, jumlah UMKM di Kaupaten Pangandaran ada sekitar 94 ribuan. Namun karena pengajuan juga dilakukan oleh Bank, Koperasi dan stake holder lain, Pemda Pangandaran baru mengajukan 32 ribuan dar beberapa kali gelombang.

“Sudah beberapa kali kita melakukan pengajuan dan perbaikan data. Pas 2018 kan data UMKM ini ada sekitar 10 ribuan, namun setelah diverifikasi ulang berdasarkan jenis usaha dari mulai pedagang kaki lima hingga jenis usaha salon dan bengkel baru muncul angka 92 ribu.” Tandasnya.

Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.