Selamat datang di mediapangandaran.com
Panduan Merawat Shockbreaker Motor Supaya Tetap Nyaman Digunakan

Panduan Merawat Shockbreaker Motor Supaya Tetap Nyaman Digunakan

Panduan Merawat Shockbreaker Motor Supaya Tetap Nyaman Digunakan
MediaPangandaran.Com - Seluruh varian sepeda motor sejak dari matic, cub, dan sport mempunyai bagian komponen yang amat penting yakni peredam kejut atau shockbreaker.

Tetapi bagaimana, bila piranti itu terasa keras dan tak dapat meredam getaran secara baik sehingga jadi tidak nyaman?

Padahal komponen ini mempunyai peran penting dalam meredam getaran ketika melalui tanjakan, jalan tidak rata atau rusak, dan jalan berbatu.

Fungsi lainnya adalah memberikan kenyamanan dan stabilitas ketika berkendara dalam segala keadaan, entah itu jalan pelan, cepat, malahan saat bermanuver.

Salah satu penyebab suspensi mudah rusak di antaranya adalah terlampau sering melewati jalan rusak atau membawa beban dengan berlebihan. Di bawah ini disajikan panduan sederhana untuk merawat shockbreaker motor supaya tetap nyaman digunakan.

1. Rutin Dibersihkan
Kotoran yang melekat pada shockbreaker dapat menyebabkan seal atau karet dan piston menjadi rusak. Kerusakan pada bagian ini dapat membuat oli suspensi bocor.

Pengaruh yang ditimbulkan karena kebocoran oli akan menurunkan taraf kenyamanan berkendara dan memiliki potensi mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

2. Kurangi Kecepatan di Permukaan Jalan Tidak Rata
Dianjurkan untuk mengurangi kecepatan ketika melewati jalan yang tidak rata dan jauhi jalan berlubang. Bila memang terpaksa mesti melewati jalan itu, berkendaralah dengan pelan atau kecepatan rendah.

Melewati jalan rusak atau tidak rata dalam kecepatan tinggi akan menjadikan beban kerja suspensi bertambah berat dan menyebabkannya mudah rusak.

3. Hindari Penggunaan Aksesoris Tidak Resmi
Pemakaian aksesoris yang tidak semestinya bisa berakibat buruk untuk shockbreaker, seperti pemasangan peninggi atau adaptor. Penambahan aksesori itu akan berpengaruh pada fungsi collar yang tak bekerja optimal.

4. Hindari Membawa Beban Berlebihan
Janganlah paksakan motor mengusung beban melampaui kapasitas yang disarankan pabrikan sebab akan menyebabkan peredam kejut bekerja melewati kapasitasnya.

Bila hal tersebut kerap terjadi dapat dipastikan komponen itu akan cepat aus, kinerjanya akan menurun. Kemungkinan terparahnya ialah rod comp-nya bengkok. Jika itu terjadi, motor tak akan nyaman lagi untuk dikendarai.

5. Lakukan Penggantian Oli Secara Teratur
Janganlah terpaku oleh tampilan shockbreaker yang tampak bersih dan mulus. Sebab di dalamnya ada oli yang berguna menyerap getaran kerja suspensi.

Sejalan dengan usia pakai sepeda motor, maka volume dan kualitas oli pun akan menurun dan akan menyebabkan kinerjanya menjadi tidak optimal.

Oleh sebab itu, lakukanlah penggantian oli minimal setiap 20.000 km atau tiap-tiap dua tahun sekali. Penggantian oli ini perlu supaya kinerjanya semakin baik.

Itulah 5 tips merawat shockbreaker motor supaya tetap nyaman digunakan sehingga perjalanan Anda lancar dan tidak terganggu. (MS/MP-Otomotif).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.