Selamat datang di mediapangandaran.com
Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan
MediaPangandaran.Com - Sinar matahari pagi amat baik bagi kesehatan tubuh sehingga sayang sekali bila dilewatkan. Sinar matahari pagi merupakan salah satu sumber vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang.

Terlebih Indonesia memiliki iklim tropis yang menjadikan kita dapat menikmati vitamin D sepuasnya dengan gratis. Manfaat berjemur di pagi hari pun bisa membunuh mikroba dan masih banyak manfaat lainnya.

Berikut ini manfaat berjemur di pagi hari selengkapnya.

1. Mengurangi Tekanan Darah
Salah satu diantara penyakit yang paling biasa dialami banyak orang ialah tekanan darah tinggi. Ada banyak makanan yang bisa mengurangi tekanan darah yang tinggi.

Tetapi berjemur di bawah sinar matahari selama kira-kira 15 menit bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan lebih efektif. Sementara akibat dari kurangnya terpapar sinar matahari memiliki risiko tinggi menderita tekanan darah tinggi.

2. Meningkatkan Kinerja Otak
Manfaat berjemur di pagi hari bisa menunjang kinerja fungsi otak dengan membuat otak Anda menghasilkan lebih banyak serotonin, yakni zat kimia di dalam tubuh yang bisa meningkatkan mood.

Bila Anda kerap melakukan kegiatan di dalam ruangan sehingga kurang berjemur di bawah sinar matahari akan mempermudah Anda mengalami depresi. Cara terbaik untuk menanganinya ialah dengan berjemur di bawah sinar matahari selama kira-kira 15 menit setiap hari.

3. Menyembuhkan Penyakit Kulit
Berjemur di bawah sinar matahari secara teratur selama lima menit akan menghindarkan Anda dari gangguan penyakit kulit. Misalnya psoriassis, penyakit kuning, eksim, jerawat, dan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur.

Hal ini lantaran sinar matahari sudah dipakai untuk beragam macam masalah kulit sejak dulu kala. Untuk menikmati manfaat ini Anda mesti berjemur di bawah sinar matahari secara teratur, namun janganlah berjemur terlalu lama sebab malah akan merusak kulit Anda.

4. Membantu Pertumbuhan Anak
Beberapa riset memperlihatkan untuk anak yang terkena sinar matahari pagi selama kira-kira 15 menit, bisa mempengaruhi terhadap tinggi badan mereka nanti.

Hal inilah yang menyebabkan menjemurkan bayi di bawah sinar matahari amat perlu. Biarkan anak Anda tetap di bawah sinar matahari setidaknya selama 15 menit di pagi hari secara teratur supaya menunjang pertumbuhan mereka.

5. Membentuk dan Memperkuat Tulang
Manfaat sinar matahari pagi pun bisa menyehatkan tulang. Ketika Anda berjemur akan menyerap vitamin D. Bertambahnya vitamin D dalam tubuh itu bisa membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Sinar matahari berguna dalam pembentukan dan perbaikan tulang serta menghindari timbulnya penyakit tulang seperti rakhitis pada anak-anak dan pengeroposan tulang seperti osteomalasia dan osteoporosis.

Itu dia berbagai manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan Anda. Yuk, mulai saat ini lebih rajin bangun pagi agar memperoleh sinar matahari pagi buat berjemur. Dengan demikian, kesehatan tubuh Anda dapat lebih terlindungi dengan maksimal. (MS/MP-Kesehatan)
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.