Selamat datang di mediapangandaran.com
Ketahui 6 Manfaat Protein yang Penting bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui 6 Manfaat Protein yang Penting bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui 6 Manfaat Protein yang Penting bagi Kesehatan Tubuh
MediaPangandaran.Com - Protein ternyata amat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Tanpa adanya protein, tidak sedikit gangguan kesehatan yang akan mengintai, seperti lesu, suasana hati yang tidak menentu, dan pembengkakan bagian tubuh.

Lalu apa sajakah manfaat protein bagi tubuh?

Mengenali serangkaian manfaat protein ini akan menunjang Anda untuk lebih semangat dalam mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Berikut manfaat protein yang penting bagi kesehatan tubuh.

1. Sebagai Sumber Energi
Energi adalah komponen penting yang diperlukan tubuh supaya bisa terus bergerak dan beraktivitas setiap hari. Adapun manfaat penting protein unutuk tubuh ialah sebagai sumber energi, sama halnya seperti karbohidrat dan lemak.

2. Mengurangi Rasa Lapar yang Mengganggu
Rasa lapar dan nafsu makan tinggi dapat memicu kebiasaan makan berlebih yang berujung dengan obesitas. Protein adalah nutrisi yang paling mengenyangkan ketimbang lemak dan karbohidrat sebab protein bisa mengurangi kadar hormon ghrelin yang mengelola rasa lapar.

Di samping itu, protein pun bermanfaat dalam menaikkan produksi hormon peptide YY yang menyebabkan cepat merasa kenyang.

3. Meningkatkan Metabolisme dan Merangsang Pembakaran Lemak
Makanan berprotein tinggi bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan memicu pembakaran lemak. Sebuah riset membuktikan, bahwa mengkonsumsi makanan berprotein tinggi secara teratur dapat membakar 260 kalori setiap harinya. Sama seperti waktu Anda melakukan latihan kardio selama 1 jam penuh.

4. Perbaikan dan Perawatan Jaringan Tubuh
Manfaat protein amat vital untuk menunjang pemeliharaan jaringan tubuh, tak terkecuali pengembangan dan perbaikan. Mulai dari otot, mata, kulit, rambut, dan organ semuanya dibuat dari protein.

Anak-anak memerlukan lebih banyak protein ketimbang orang dewasa sebab mereka masih dalam usia pertumbuhan. Demikian juga pada wanita hamil, mereka butuh menambah asupan protein supaya bisa mendukung tumbuh kembang bayi dan melindungi kesehatan ibu hamil.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi merupakan faktor penting penyebab terjadinya penyakit jantung. Anehnya dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi secara teratur, maka tekanan darah Anda bisa menurun secara signifikan.

Menambah konsumsi protein dapat menyebabkan tekanan darah sistolik menurun hingga 1,76 mmHg dan tekanan darah diastolik hingga 1,15 mmHg.

6. Menyeimbangkan Cairan Tubuh
Protein pun bermanfaat untuk mengontrol tubuh supaya selalu mempertahankan kestabilan cairan. Bila Anda tidak mencukupi kebutuhan protein maka kadar albumin dan globulin akan menurun.

Hal ini menjadikan protein tak bisa lagi menyimpan darah di pembuluh darah akibatnya cairan dipaksa masuk ke ruang di antara sel-sel. Saat cairan terus-menerus menimbun di ruang-ruang diantara sel-sel ini, maka akan menimbulkan edema atau pembengkakan, terutama di bagian perut.

Itulah 6 manfaat protein yang penting bagi kesehatan tubuh yang mesti Anda ketahui. (MS/MP-Kesehatan)
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.