Selamat datang di mediapangandaran.com
Kenali Yuk 5 Gejala Utama Kanker Tiroid, Jangan Lalaikan Sulit Menelan

Kenali Yuk 5 Gejala Utama Kanker Tiroid, Jangan Lalaikan Sulit Menelan

Kenali Yuk 5 Gejala Utama Kanker Tiroid, Jangan Lalaikan Sulit Menelan
MediaPangandaran.Com - Tiroid adalah kelenjar berupa kupu-kupu kecil yang umumnya ada di bawah leher. Kelenjar ini berperan mengendalikan metabolisme dan mengeluarkan banyak hormon yang menunjang banyak fungsi tubuh, termasuk mengonsumsi oksigen, menghasilkan panas, dan penggunaan energi. Kanker tiroid timbul saat sel pada kelenjar itu bermutasi atau berubah.

Awalnya sel-sel abnormal berkembang biak di tiroid. Begitu jumlahnya mencukupi, maka akan menimbulkan tumor. Bila terdeteksi lebih dini, kanker tiroid merupakan salah satu kanker yang bisa diobati.

Kanker tiroid bisa terdeteksi lewat skrining dengan USG atau ultrasonografi, kadang-kadang disertai dengan biopsi. Penderita kanker tiroid umumnya mempunyai tes darah fungsi tiroid yang normal. Tetapi tetap penting untuk mewaspadai adanya manifestasi fisik pertumbuhan tumor.

Kanker tiroid umumnya timbul sebagai benjolan atau pembengkakan di bagian depan leher atau di sebelah jakun. Pada umumnya benjolan keras yang tumbuh lamban bergerak naik turun ketika menelan. Gerakannya condong tidak menyebabkan rasa sakit. Tanda lain dari kanker tiroid ialah terjadinya pembengkakan kelenjar (kelenjar getah bening) di bagian leher.

Bila pembengkakan tersebut hilang dalam waktu beberapa minggu, itu umumnya menjadi pertanda bahwa tubuh Anda berhasil melawan infeksi dan tak usah dicemaskan. Tetapi bila terasa sulit untuk disentuh, pembengkakan terus semakin besar, dan tak hilang sesudah 2 minggu, Anda mesti menjumpai dokter umum. Gejala lebih lanjut dari kanker tiroid bisa meliputi kesulitan menelan.

Di sisi lain, radang amandel dan atau infeksi saluran pernapasan sering jadi penyebab kesulitan menelan. Tetapi bila itu bertahan selama lebih dari 3 minggu dan bertambah memburuk setiap waktu, Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter umum.

Gejala-gejala tersebut dapat menjadi pertanda kanker tiroid. Tanda lainnya dari kanker tiroid ialah suara serak yang tak bisa diketahui penyebabnya. Itu merupakan indikasi tumor yang tengah tumbuh. Tetapi pula dapat merupakan gejala infeksi bakteri. Bila persisten dan tidak lenyap sesudah 3 minggu, carilah bantuan dari dokter umum.

Satu lagi kemungkinan pertanda kanker tiroid ialah pernafasan yang berisik atau sulit. Anda mesti bertukar pikiran ke dokter bila mengalami 5 gejala utama kanker tiroid di atas.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.