Selamat datang di mediapangandaran.com
Ini 6 Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan Tubuh

Ini 6 Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan Tubuh

Ini 6 Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan Tubuh
MediaPangandaran.Com - Kecipir adalah jenis kacang tropis yang tumbuh di daerah yang panas dan lembab. Biasanya, manfaat kecipir dipakai sebagai bahan masakan. Umbi kecipir dapat diolah jadi beragam makanan yang enak.

Sekarang kecipir tak seterkenal zaman dulu. Bila zaman dulu banyak sekali orang yang suka mengkonsumsi kecipir, kini dapat disebut tanaman kecipir ini sepi penggemar. Padahal, ada berbagai manfaat dari tumbuhan kecipir yang tak cuma terbatas sebagai bahan masakan, tetapi pula bagi kesehatan.

Manfaat Kecipir
Ada berbagai manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi kecipir, di antaranya:

Memberikan Energi untuk Tubuh
Di dalam kecipir ada mineral penting yang disebut fosfor. Mineral ini berfungsi dalam meningkatkan energi di dalam tubuh manusia. Jika kita mengkonsumsi kecipir sesudah menjalani kegiatan yang berat, energi yang terkuras dapat secara pelan-pelan terisi kembali.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kecipir mempunyai kandungan serat yang relatif tinggi. Serat berfungsi utama dalam memperlancar pencernaan manusia. Bila teratur memenuhi kebutuhan serat setiap harinya, seperti dengan mengkonsumsi kecipir, pencernaan kita akan menjadi lebih sehat dan lancar.

Menjaga Kesehatan Tulang
Di samping fosfor, kecipir pun menyimpan jenis mineral yang lainnya berbentuk kalsium. Seperti yang kita tahu, kalsium mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kecipir juga dapat membantu pemenuhan mineral ini supaya kesehatan tulang kita tetap terpelihara dan terlepas dari pengeroposan.

Mencegah Kulit Kendur
Kecipir pun memiliki kandungan vitamin C yang terkenal lantaran berbagai manfaatnya. Salah satu manfaat itu adalah menunjang kesehatan kulit dengan meminimalisir kerutan-kerutan yang timbul. Hal ini berhubungan juga dengan peran vitamin C yang bisa merangsang pertumbuhan kolagen sebagai zat yang meregenerasi kulit dan menjadikannya tetap kencang.

Memperlambat Penuaan
Manfaat kecipir berikutnya adalah memperlambat penuaan. Manfaat ini masih berhubungan dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya juga lantaran tersedia vitamin A. Keduanya berfungsi utama dalam memperlambat proses penuaan. Manfaat itu diperoleh dengan menggantikan sel-sel kulit mati atau telah lama dengan sel-sel kulit yang baru.

Meredakan Sesak Napas
Tahukah Anda bila kecipir pun bermanfaat untuk meredakan sesak napas? Ini disebabkan mineral magnesium yang terdapat di dalam tanaman ini. Magnesium mempunyai sifat bronkodilator. Sifat ini mempunyai kemampuan dalam merelakskan otot-otot pada saluran pernapasan sehingga sesak napas pun dapat tertangani.

Itulah 6 manfaat kecipir bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda ketahui karena kecipir sudah tak seterkenal zaman dulu lagi. (MS/MP-Kesehatan).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.