Selamat datang di mediapangandaran.com
Dongfeng Garap MPV Baru Calon Pesaing Wuling Cortez

Dongfeng Garap MPV Baru Calon Pesaing Wuling Cortez

Dongfeng Garap MPV Baru Calon Pesaing Wuling Cortez
MediaPangandaran.Com - Anggota keluarga model MPV dari perusahaan mobil China, Dongfeng tampaknya akan bertambah banyak. Belum lama ini ketahuan sosok sebuah MPV tengah diuji yang diselimuti penuh demham kamuflase.

Diduga kuat sosok itu adalah Dongfeng Scenery yang segmennya berkaitan dengan Baojun 730 atau lebih dikenal dengan sebutan Wuling Cortez.

Prototipe MPV ini kelihatan memiliki postur yang lebih gede ketimbang Dongfeng Scenery S370. Artinya model ini bisa jadi model penerus atau malah model untuk segmen yang lebih tinggi lagi dari Scenery S370. Kecuali segmen, harganya pun diperkirakan akan tidak berjauhan dengan 730 alias Cortez.

Dari sisi tampilan, mobil baru ini memakai kisi-kisi udara depan pada gril berukuran besar. Bentuk gril internal memakai rancangan dot matrix yang penuh style. Wajah depan menurut gaya bahasa terbaru. 

Model bilah horizontal telah dilepas dan diganti titik-titik chrome sebagai manifestasi dari Infinite Starlight Design. Lampu depannya mempunyai bentuk yang panjang dan menyipit. Wujud asli bentuk depan sedikit sulit ditebak karena balutan stiker kamuflase amat rata.

Spyshot Donfeng Scenery
Kemudian dari aspek bodi, mobil baru ini mempunyai susunan tubuh standar ala MPV. Ketika Anda memperhatikan baris kedua, ia terlihat memakai rancangan pintu geser samping.

Lantas pola velg-nya berukuran besar dengan jari-jari rapat berisi 15 palang. Menurut informasi di sana, MPV tiga baris ini mempunyai panjang 5.100 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.790 mm dan jarak sumbu rodanya 2.900 mm. 

Bila ukuran itu benar, maka semestinya susunan kabin dapat amat lapang. Sebagai perbandingannya, jarak sumbu roda Baojun 730 alias Wuling Cortez cuma sebanyak 2.750 mm.

Sementara untuk interior dan tatanan lainnya akan memakai komposisi 7 penumpang. Lalu bentuk lingkar kemudinya terlihat berbeda dari model yang sudah ada.

Menggunakan 3 palang, tetapi bagian bawah setirnya rata (flat bottomed). Dial klaksonnya berbentuk membulat, ditambah tombol multifungsi, mencakup audio switch tersemat.

Tampak head unit monitor memakai gaya mengambang dengan ukuran besar meniru tren saat ini. Sedangkan tuas transmisi memakai model T, tidak lagi berbentuk bulat seperti di kendaraan BMW. Untuk layar MID juga mengenakan jenis digital supaya memiliki kesan premium.

Dongfeng Scenery
Bicara tentang dapur pacu, menurut rumor yang beredar akan dibekali dengan mesin bensin berkapasitas ,.0 liter turbo. Pilihan transmisinya berbentuk transmisi manual atau otomatis CVT.

Bobot kendaraannya seberat 2.425 kg. Pilihan kedua, menggunakan mesin direct injection turbo 1,5 liter. Varian ini mempunyai bobot keseluruhan mencapai 2.385 kg, lumayan berat untuk kendaraan roda empat seukuran MPV. Selain itu setiap top speed yang dapat diraih mencapai 170 km/jam dan 190 km/jam.

Soal kelengkapan fitur keselamatan dan keamanan sayang sekali belum tercantum. Tetapi dari data, mobil dengan nama kode F527 ini cuma mendapatkan peringkat 4 bintang C-NCAP.

Bila mobil ini resmi dipasarkan, harga estimasinya mencapai 100.000-200.000 yuan atau setara dengan Rp220 juta sampai Rp445 jutaan di Tiongkok. (MS/MP-Otomotif)
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.