Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Menjaga Kulit dari Bahaya Blue Light, Lakukan 4 Langkah Ini

Cara Menjaga Kulit dari Bahaya Blue Light, Lakukan 4 Langkah Ini

Cara Menjaga Kulit dari Bahaya Blue Light, Lakukan 4 Langkah Ini

MediaPangandaran.Com - Gadget memang mendatangkan manfaat untuk kehidupan kita, tetapi tidak menutup kemungkinan bila penggunaannya pun berpengaruh pada kesehatan kulit karena paparan sinar biru atau blue light.

Oleh karena itu, kita mesti tahu cara menjaga kulit dari bahaya blue light supaya kulit tetap sehat. Lalu bagaimankah caranya?

Blue light merupakan gelombang cahaya pendek (biru) dengan panjang 450-470 nm yang sering dipancarkan oleh peralatan elektronik seperti TV, laptop, dan telepon genggam.

Sinar biru akan berbahaya untuk kesehatan seseorang saat terlampau sering terpapar.

Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan, salah satunya pada mata. Dampak blue light pada mata dapat mengakibatkan kerusakan pada retina. Berikut ini 4 cara menjaga kulit dari bahaya blue light.

Cara Menjaga Kulit dari Bahaya Blue Light

Rutin Menggunakan Sunscreen

Anda perlu tahu bahwa ada beberapa pengaruh buruk blue light pada kulit wajah, yaitu bisa merusak skin barrier, menjadikan kulit kering, menyebabkan hiperpigmentasi kulit, dan ketika kulit menyerap molekul oksigen menjadi tak stabil.

Untuk itu, cara menjaga kulit dari bahaya blue light ini yakni dengan teratur memakai sunscreen. Tetapi, tidak boleh asal memilih sunscreen.

Pastikan sunscreen yang Anda gunakan memiliki kandungan Titanium dioxide. Di samping itu, Anda pun dapat memakai tabir surya dengan muatan Iron dioxide yang biasanya ditemukan dalam tinted makeup product.

Antioksidan

Cara menjaga kulit dari bahaya blue light selanjutnya adalah dengan memakai produk perawatan yang memiliki kandungan antioksidan.

Anda dapat memakai skincare anti blue light yang mengandung bahan seperti retinol, grapeseed oil, ginseng, green tea, niacinmide, vitamin C dan E.

Menjalani Pola Hidup Sehat

Pola hidup amat berpengaruh pada kesehatan kulit. Ini merupakan salah satu cara menjaga kulit dari bahaya blue light.

Pastikan Anda mendapatkan minum air dengan jumlah yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, tidur yang cukup dan berkualitas. Dengan demikian pengaruh dari paparan sinar biru bisa dikurangi.

Bijak dalam Menggunakan Gadget

Jika ketiga cara menjaga kulit dari bahaya blue light tersebut di atas telah Anda terapkan, tetapi Anda masih sering terpapar sinar biru dari pemakaian gadget yang berlebihan akan sama saja hasilnya.

Untuk mengurangi dampak itu, maka Anda mesti bijak dalam memakai gadget. Caranya yakni dengan membatasi screen time, terutama di malam hari supaya kulit dapat bekerja maksimal selama Anda tidur.

Di samping itu, Anda pun dapat memanfaatkan dark mode pada gadget supaya warna layarnya lebih hangat.

Demikianlah ulasan tentang bahaya sinar biru atau blue light dan cara mencegah serta mengatasinya. (MS/MP-Kesehatan)

Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.