Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Jitu

Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Jitu

Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Jitu
MediaPangandaran.Com - Mengetahui bagaimana cara meningkatkan imun tubuh merupakan hal utama yang mesti dilakukan. Karena imunitas tubuh laksana benteng pertahanan kesehatan yang mesti tetap terjaga dan kuat bila Anda ingin terlepas dari beragam ancaman penyakit.

Apalagi di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini yang belum memperlihatkan tanda akan berakhir dan kita telah harus beradaptasi menjalani aktivitas seperti biasa dengan tetap memerhatikan kesehatan.

Di samping melakukan pencegahan dengan menjalankan prokes (protokol kesehatan), utama pula untuk meningkatkan imunitas tubuh supaya tidak rentan terkena penyakit. Nah, lalu bagaimana cara meningkatkan imun tubuh itu? Simaklah paparan berikut ini.

1. Banyak Makan Sayur dan Buah
Mengkonsumsi makanan nabati seperti sayur dan buah-buahan bisa menunjang cara meningkatkan imun tubuh Anda berperan dengan baik. Pasalnya sayur dan buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang dapat menunjang imunitas dan organ-organ tubuh berperan dengan baik.

Di samping itu, buah dan sayuran berwarna cerah menunjukkan kaya akan antioksidan dimana antioksidan berfungsi penting dalam menangkal radikal bebas yang bisa mengganggu sel imun tubuh.

Sementara itu, mengkonsumsi rempah-rempah seperti jintan, jahe, dan cengkeh, juga bisa membantu tubuh menangkal infeksi. Karena beberapa rempah ini bersifat antivirus dan antimikroba di dalamnya. Maka pastikanlah selalu memasukkan sayur, buah-buahan, dan rempah-rempah dalam menu harian Anda.

2. Rutin Berolahraga
Olahraga yang dijalani secara rutin diyakini bisa mengurangi risiko terserang penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, serta infeksi karena virus dan bakteri. Maka dari itu, pastikanlah Anda meluangkan diri untuk berolahraga setiap harinya supaya imunitas tubuh tetap terlindungi.

3. Tidur Cukup dan Berkualitas
Pada intinya tubuh mempunyai kemampuan untuk menjalankan penyembuhan dan peremajaan sendiri saat tidur. Itulah alasannya tidur yang cukup dan berkualitas amat perlu untuk menunjang proses imunitas tubuh. Saat Anda kurang tidur, maka imun tubuh akan terganggu sehingga tak dapat menjalani fungsinya dengan maksimal.

4. Minum Suplemen Vitamin C
Pada sejumlah keadaan, mencukupi asupan vitamin dari makanan saja belum dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Salah satu asupan vitamin yang jangan sampai kurang ialah vitamin C.

Hal ini lantaran kekurangan vitamin C bisa mengurangi imunitas tubuh sehingga mudah sekali terserang infeksi penyakit.

Itu dia 4 cara meningkatkan imun tubuh yang ampuh. Menilik betapa pentingnya imun tubuh, maka diharapkan berbagai cara ini dapat membantu Anda mendapatkan daya tahan tubuh yang lebih optimal. (MS/MP-Kesehatan).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.