Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Mengobati Cantengan Secara Alami dan Efektif

Cara Mengobati Cantengan Secara Alami dan Efektif

Cara Mengobati Cantengan Secara Alami dan Efektif
MediaPangandaran.Com - Cantengan atau paronika merupakan sebuah keadaan infeksi bakteri yang timbul antara lipatan kulit dan kuku pada jempol kaki. Bila telah parah, umumnya akan mengakibatkan bengkak dan rasa yang amat nyeri sampai mengeluarkan nanah.

Umumnya hal ini timbul karena kebiasaan memotong kuku terlampau pendek. Sehingga membuat kuku tumbuh ke dalam kulit dan menjadi luka. Keadaan ini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat resep dokter. Tetapi, ada juga opsi lainnya yang alami. Mari cari tahu cara mengobati cantengan secara alami di bawah ini.

1. Rendam Kaki di Air Hangat
Cara mengobati cantengan yang telah bengkak dapat dengan merandam kaki Anda dengan air hangat. Tetapi, air itu mesti dilarutkan dengan garam terlebih dulu, dapat memakai garam Inggris ataupun garam dapur. Untuk perendamannya sebentar, cuma memerlukan waktu 15-30 menit.

Lakukanlah cara ini sebanyak 3 kali sehari unutk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan. Dengan merendam kuku yang cantengan pada suhu hangat, tujuannya untuk membantu mempertahankan area jari yang cantengan jadi bersih, meredakan pembengkakan dan membunuh kuman di kaki.

2. Merendam Kaki dengan Cuka Apel
Di samping merendam kaki dengan larutan garam, merendam dengan cuka apel pun merupakan salah satu cara mengobati cantengan. Pasalnya bahan alami ini mempunyai kemampuan antinyeri, antiperadangan, dan antiseptik.

Cara melakukannya juga gampang, cukup menyiapkan baskom berisi air hangat yang dicampur dengan 1/4 cangkir cuka sari apel. Lalu rendamlah kaki atau tangan yang cantengan setiap hari selama 20 menit. Kemudian keringkanlah dengan kain bersih.

3. Gunakan Serat atau Bola Kapas
Cara mengobati cantengan selanjutnya, Anda dapat menyisipkan bola kapas dengan lembut. Tetapi, pastikan Anda menggantinya secara rutin untuk mencegah bakteri berdiam di kuku. Caranya yakni pertama Anda mesti merendam bola kapas terlebih dulu ke dalam cairan antiseptik sebelum menyisipkannya di jari kaki.

Metode itu untuk memberi jarak antara kuku dan kulit yang terkena infeksi dan membantu mendorong kuku untuk tumbuh ke arah yang tepat. Di samping itu pemakaian bola kapas dapat meredakan nyut-nyutan di bagian yang cantengan.

4. Mengoleskan Gel Lidah Buaya
Anda pun dapat memakai gel lidah buaya sebagai salah satu cara menyembuhkan cantengan yang telah lama. Hal ini lantaran lidah buaya mempunyai sifat antiseptik dan antibakteri serta mengandung antioksidan polyphenol untuk meredakan inflamasi karena cantengan.

Untuk merasakan khasiatnya, Anda dapat mengoleskannya ke bagian cantengan lalu tutuplah dengan perban.

Demikianlah cara-cara mengobati cantengan secara alami dan efektif. Anda dapat memilih salah satu bahan tersebut di atas guna mengobatinya. (MS/MP-Kesehatan).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.