Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Menghilangkan Panu di Wajah, Sederhana dan Mudah Dilakukan

Cara Menghilangkan Panu di Wajah, Sederhana dan Mudah Dilakukan

Cara Menghilangkan Panu di Wajah, Sederhana dan Mudah Dilakukan
MediaPangandaran.Com - Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang lumayan mengganggu. Terlebih bila letaknya ada di bagian wajah. Panu sendiri adalah sakit kulit yang melanda bagian pigmen pada kulit sehingga kulit yang ada panu akan tampak bercak berwarna putih atau bisa pula bercak yang berwarna lebih gelap dari kulit. Kehadiran panu yang mengganggu menyebabkan orang mesti mengetahui cara menghilangkan panu di wajah.

Kulit, entah pada bagian wajah atau badan ketika ditumbuhi panu pasti akan terasa kurang nyaman. Di samping mengganggu penampilan rasa gatal pun sering timbul sehingga dapat mengganggu kegiatan setiap hari. Kecuali pada wajah, panu pun kerap tumbuh di leher, lengan, perut, dada, dan punggung. Ini dia beberapa cara menghilangkan panu di wajah.

1. Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih
Cara menghilangkan panu di wajah yang pertama ialah memakai bahan alami yaitu buah belimbing wuluh yang dikombinasikan dengan kapur sirih.

Hal ini lantaran kandungan pada buah belimbing wuluh dapat menyingkirkan infeksi jamur seperti panu. Terdapat kandungan seperti sulfur, tanin, glukosa, dan peroksida pada belimbing wuluh yang dapat membantu membasmi panu.

Bila ingin mengatasi panu dengan dua bahan alami ini caranya ialah dengan mencampur 2 buah belimbing wuluh dengan cara ditumbuk terlebih dulu lantas taburkan di atasnya beberapa jumput kapur sirih. Aduklah secara merata lantas dioleskan pada kulit yang ditumbuhi panu. Tunggulah sampai kering lantas bilas hingga bersih dengan air.

2. Jeruk Nipis dan Belerang
Di samping belimbing wuluh dan kapur sirih, jeruk nipis yang dicampur dengan belerang pun efektif mengusir panu pada bagian wajah. Cara menghilangkan panu di wajah dengan menggunakan dua bahan alami ini amat mudah.

Pertama-tama, peraslah jeruk nipis untuk dimanfaatkan air perasannya. Kemudian taburkanlah belerang yang telah ditumbuk halus dan campurkan hingga merata. Oleskan di area wajah yang ada panu dua kali sehari hingga panu lenyap.

Dari kombinasi jeruk nipis dan belerang ini terdapat kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis dan kandungan yang berasal dari belerang yang dapat menyingkirkan panu lebih cepat menghilang. Belerang memang telah dikenal efektif menangani beragam masalah kulit.

3. Kunyit
Adapun kunyit yang umum dipakai untuk mengatasi panu. Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi yang berarti dapat menangani peradangan kulit yang disebabkan oleh jamur atau panu.

Kunyit pun mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai masalah kulit. Cara menggunakannya ialah dengan menghaluskan sepotong kunyit memakai parutan. Kemudian langsung saja tempelkanlah kunyit parut secukupnya pada panu di area wajah.

Itulah berbagai cara menghilangkan panu di wajah yang dapat dipraktikkan sendiri di rumah. Bahan yang dipakai mudah diperoleh dan cukup mengoleskannya langsung di bagian kulit yang terdapat panunya. (MS/MP-Kesehatan)
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.