Selamat datang di mediapangandaran.com
Begini Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Begini Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Begini Cara Mengatasi Gigi Sensitif
MediaPangandaran.Com - Sudah pernahkah Anda rasakan gigi nyeri saat minum air dingin atau panas? Merasa sakit yang tajam dan saat itu bisa saja ialah tanda-tanda gigi sensitif.

Keadaan ini dapat muncul karena susunan perlindungan gigi (enamel gigi) makin tipis atau akar gigi yang terbuka. Hal tersebut membuat saraf gigi jadi lebih mudah terserang rangsangan dari luar.

Bila Anda terusik oleh gigi sensitif, lebih bagus selekasnya berkunjung ke dokter untuk memperoleh pengatasan. Dokter bisa mengenali pemicu yang memicu sakit gigi Anda.

Tidak menutup kemungkinan, ketaknyamanan pada gigi yang Anda alami dapat disebabkan karena factor lain, seperti gigi berlubang, gigi yang rengat atau sakit gusi, atau mengelupas.

Dilansir dari Mayo Clinic, jika Anda alami gigi sensitif, dokter kemungkinan mereferensikan banyak hal berikut:

1. Pakai odol yang memiliki kandungan desensitizing

Odol desensitizing memiliki kandungan senyawa yang menolong merintangi transmisi kesan dari gigi ke saraf. Pakai 2x satu hari, karena itu gigi sensitif akan menyusut dalam beberapa minggu.

Ada beberapa produk gigi dengan desensitizing yang ada di pasaran. Anda dapat bertanya hal tersebut ke dokter gigi, produk yang mana terbaik?

2. Pakai fluoride

Dokter gigi Anda kemungkinan memberi fluoride ke tempat gigi sensitif Anda untuk perkuat enamel gigi dan kurangi rasa sakit. Dia kemungkinan akan merekomendasikan pemakaian resep fluoride di rumah.

3. Desensitisasi atau ikatan

Terkadang, permukaan akar yang terbuka bisa diobati dengan memoleskan resin ikatan ke atas akar yang sensitif. Kemungkinan untuk jalankan perlakuan ini, dokter perlu lakukan anestesi lokal.

4. Bedah gusi

Bila akar gigi Anda sudah kehilangan jaringan, bisa diambilkan dari lain tempat di mulut Anda. Jaringan itu selanjutnya dilekatkan di bagian yang sakit. Ini bisa membuat perlindungan akar yang kurangi sensitivitas dan terbuka.

5. Perawatan aliran akar gigi (root canal treatment)

Bila perawatan lain tidak berbuah hasil, dokter Anda kemungkinan mereferensikan untuk lakukan perawatan aliran akar gigi yang dipakai untuk menyembuhkan permasalahan pada pulpa gigi (pokok lunak gigi).

Perawatan ini terhitung perawatan yang berarti, tetapi dipandang seperti tehnik paling baik untuk hilangkan gigi sensitif.

Untuk antisipasi gigi sensitif berulang, gosoklah gigi 2x satu hari dengan sikat gigi dengan bulu halus dan odol ber-fluoride dan floss tiap hari.

Anda mungkin saja perlu menimbang untuk waspada saat makan atau minum minuman dan makanan yang asam, seperti minuman berkarbonasi, buah-buahan anggur dan jeruk.

Berjalannya waktu, semua makanan ini bisa hilangkan beberapa bagian enamel gigi. Bila Anda minum cairan asam, minimum pakai sedotan untuk batasi contact dengan gigi Anda secara langsung.

Kemudian, minumlah air putih untuk menyamakan kandungan asam di mulut Anda sampai terbebas dari gigi sensitif.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.