Selamat datang di mediapangandaran.com
9 Cara Menghilangkan Trauma yang dapat Anda Coba

9 Cara Menghilangkan Trauma yang dapat Anda Coba

9 Cara Menghilangkan Trauma yang dapat Anda Coba
MediaPangandaran.Com - Luka yang berasal dari pengalaman pahit dapat disembuhkan dalam waktu yang cepat atau lambat. Namun sering kali luka pun berpengaruh pada keadaan psikis sampai menimbulkan trauma. Hal ini disebut dengan istilah post traumatic stress disorder (PTSD). Lalu bagaimana cara menghilangkan trauma seperti ini?

Jika trauma yang dialami sangat buruk, maka luka itu dapat berpengaruh besar pada kehidupannya. Sehingga trauma bukanlah keadaan yang dapat diremehkan. Berikut ini 9 cara menghilangkan trauma yang dapat Anda coba.

Terapi dengan Psikolog atau Psikiater
Menghilangkan trauma dapat dilakukan dengan beragam cara tergantung dari taraf keparahannya. Namun bila trauma telah pada tahap post-traumatic stress disorder (PTSD), yang paling penting adalah mengunjungi psikolog atau psikiater untuk menjalani terapi psikoterapi. Pengidap pun akan diberi obat-obatan penenang selaku bagian dari terapi.

Mengakui dan Bersikap Terbuka
Terkadang yang membuat seseorang tidak mau menceritakan penyebab traumanya ialah peristiwa yang dialami dinilai memalukan. Padahal ini cuma akan menyebabkan semakin parah trauma seseorang. Oleh sebab itu, salah satu usaha yang dapat diperbuat ialah memaafkan diri sendiri dan memulihkan kepercayaan diri.

Menumpahkan isi hati kepada orang lain dapat menyebabkan seseorang lebih lega. Terlebih yang menjadi tumpahan isi hati merasakan hal sama. Hal itu bisa mendukung kepercayaan diri bahwa seseorang itu tidak sendirian. Di samping itu, menulis adalah alternatif untuk seseorang yang sungkan untuk menumpahkan isi hati.

Dikelilingi Orang yang Membuat Tenang
Khawatir bisa disebut wajar dalam tingkatan tertentu. Namun, bila terlampau sering bisa berdampak untuk kondisi psikis seseorang yang menderita trauma. Untuk mengurangi rasa khawatir, maka dibutuhkan orang-orang yang menenteramkan di sekelilingnya.

Mengalihkan Pikiran Negatif
Pikiran negatif pun bisa mengakibatkan semakin lama seseorang sembuh dari traumanya. Ia akan sibuk berpikir mengenai hal-hal buruk yang menimpanya setelah kejadian buruk yang ia derita. Pelan-pelan, buanglah pikiran negatif dengan cara bergabung dengan komunitas yang menyenangkan sesuai yang diminati, menjadi relawan kegiatan sosial, dan menekuni hobi.

Relaksasi
Upaya relaksasi bisa dilakukan dengan cara yoga atau meditasi. Pada waktu melakukan yoga atau meditasi, pusatkanlah pikiran terhadap hal-hal positif dan membangkitkan semangat bertahan hidup. Buanglah sementara semua hal negatif dan pikirkanlah peristiwa yang membuat Anda bahagia. Sesudah melakukan itu, pikiran seseorang akan bertambah tenang dan santai.

Berusaha Menghadapi Rasa Takut
Produktivitas akan berkurang saat seseorang terus-terusan cemas dan takut waktu mengingat peristiwa traumatis. Tidak mesti cepat, bertahap kuatkanlah diri dan berani melawan ketakutan. Semakin dijauhi kian menakutkan, semakin dilawan perasaan takutlah yang akan menjauh dari diri seseorang.

Bersabar dan Berani
Menghilangkan trauma yang parah tak dapat dilakukan dalam sesaat. Perlu waktu tidak sebentar, kesabaran, dan keberanian untuk melawannya. Oleh karena itu cara menghilangkan trauma yang dapat Anda coba salah satunya adalah dengan bersikap sabar terhadap waktu pemulihan.

Fokus Masa Sekarang
Masa lalu yang selalu membayangi bisa mengakibatkan trauma tidak kunjung pulih. Salah satu kuncinya ialah dengan memfokuskan diri pada masa saat ini. Sesuatu yang sudah terjadi dalam hidup tak dapat diputar ulang kecuali dalam dongeng saja.

Nyatanya, sesudah masa lalu ada masa sekarang yang pantas diperjuangkan untuk menghadapi masa depan. Tidak sedikit potensi dalam diri yang menanti diasah dan dikembangkan.

Peduli Diri Sendiri
Seseorang layak untuk membahagiakan dirinya sendiri. Ia butuh memberi ruang sendiri bagi dirinya untuk merenungi apa yang sudah terjadi. Melakukan berbagai hal menyenangkan seperti piknik ke alam terbuka seperti pantai dan gunung.

Di samping berwisata, main game pun dapat sedikit melupakan rasa trauma yang sudah terjadi. Itulah berbagai perawatan diri sendiri. Cintailah dirimu sendiri! Terdengar klise tetapi memang mesti selalu dimiliki oleh seseorang.

Apakah Anda tergolong orang yang mempunyai trauma? Jika iya, Anda dapat menerapkan tips dan cara menghilangkan trauma yang sudah diuraikan di atas. (MS/MP-Kesehatan).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.