Selamat datang di mediapangandaran.com
7 Asupan Gizi Ibu Hamil yang Mesti Tercukupi

7 Asupan Gizi Ibu Hamil yang Mesti Tercukupi

7 Asupan Gizi Ibu Hamil yang Mesti Tercukupi
MediaPangandaran.Com - Sebagian ibu hamil barangkali mengalami kendala untuk mencukupi asupan nutrisi janinnya. Alasannya bermacam-macam, sejak dari kurangnya informasi, terlalu sibuk bekerja, tubuh yang terus menolak makanan karena timbulnya rasa mual dan sebagainya.

Padahal, asupan gizi ibu hamil mesti selalu dipenuhi secara optimal. Tujuannya supaya kesehatan ibu dan janin terjaga. Lalu apa saja asupan gizi itu?

Berikut ini 7 asupan gizi ibu hamil yang mesti tercukupi.

1. Makanan yang Kaya Asam Folat

Asam folat diperlukan ibu hamil untuk pembuatan sel otak. Makanan maupun suplemen yang banyak mengandung asam folat penting sekali untuk ibu hamil supaya kecerdasan janin dalam kandungan terjaga.

Di samping itu, asam folat pun dapat menurunkan risiko preeklamsia, anemia, dan menghindari keguguran. Anda dapat menemui asam folat pada telur, hati sapi, kacang-kacangan, jeruk, pepaya, alpukat, kubis, bayam, dan brokoli.

2. Lemak Baik

Lemak tak selalu jahat, asupan gizi ini diperlukan ibu hamil selama masa kehamilan. Tetapi tak ada batas minimal lemak yang mesti dikonsumsi setiap harinya.

Walau demikian, jangan mengkonsumsi lemak secara berlebihan. Di samping itu, pastikan sumber lemak yang dipilih tersebut sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, dan lemak nabati dari biji-bijian.

3. Mengandung Zat Besi

Zat besi adalah asupan gizi ibu hamil yang jangan terlupakan. Makanan yang memiliki kandungan zat besi berguna untuk menghindari timbulnya anemia.

Anemia dapat menyulut beragam masalah untuk janin, salah satunya adalah mencegah kelahiran prematur.

Di samping itu, zat besi pun berguna sebagai pembawa darah yang banyak mengandung oksigen pada bayi di dalam kandungan.

Saat bayi kekurangan zat besi dapat berakibat buruk pada IQ anak nantinya sebab zat besi berfungsi utama dalam pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

4. Kalsium

Asupan gizi ini berfungsi untuk mengurangi risiko preeklamsia, hipertensi, perkembangan saraf dan otot janin, pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Guna mencukupi asupan kalsium tiap hari, ibu hamil mesti minum 3 gelas susu kedelai atau yoghurt rendah lemak sebagai pilihan alternatif. Pada secangkir yoghurt memiliki kandungan lebih banyak kadar kalsium ketimbang segelas susu.

5. Asupan Serat

Serat perlu untuk ibu hamil guna membantu mengendalikan peningkatan berat badan dan menghindari terjadinya preeklamsia. Serat pun dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena diabetes gestasional.

Manfaat serat tidak cuma merangsang perkembangan janin, tetapi pula bisa membantu menghindari bumil menderita masalah BAB (buang air besar).

6. Protein

Protein memegang peranan penting untuk ibu hamil. Protein bisa membantu proses pembuatan jaringan tubuh pada ibu dan bayi sepanjang masa kehamilan.

Tidak hanya itu, protein pun dapat menunjang ibu untuk menaikkan daya tahan tubuh supaya tidak gampang mengalami sakit.

7. Susu atau Produk Olahan Susu

Susu atau produk olahannya memiliki kandungan berbagai asupan gizi yang diperlukan ibu di trimester pertama kehamilan, di antaranya kalsium, asam folat, iodium, vitamin D, dan protein.

Pada trimester pertama ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi produk olahan susu yang banyak mengandung kalsium sebab baik bagi ibu hamil serta pertumbuhan tulang janin.

Demikianlah asupan gizi ibu hamil yang mesti tercukupi supaya ibu dan bayi selalu dalam keadaan sehat. Jadi, janganlah pernah lupakan beragam makanan ini supaya kesehatan ibu dan janin selalu terjaga. (MS/MP-Kesehatan)
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.