Selamat datang di mediapangandaran.com
Waspada, Kenali Gejala DBD Pada Anak

Waspada, Kenali Gejala DBD Pada Anak

MediaPangandaran.Com - Seperti kita ketahui, Nyamuk merupakan salah satu binatang yang membawa penyakit, adapaun penyakit yang dibawanya diantaranya demam berdarah dengue atau yang umumnya kita kenal DBD.

Sebenarnya tak hanya dimusim penghujan, di musim kemarau pun kita harus tetap waspada pada penyakit akibat virus dengue ini, apalagi jika anda tinggal di tempat yang lembab, di pegunungan atau di kawasan pantai.

Jika seseorang digigit nyamuk Aedes aegypti, biasanya muncul gejala seperti demam mendadak, sakit kepala, ruam, dan biasanya disertai dengan nyeri sekujur badan.

Itu jika terjadi pada orang dewasa, bagaimana jika gejala tersebut terjadi pada anak atau balita yang belum bisa menyebutkan apa yang dia rasakan?

Pada kebanyakan kasus, demam berdarah ringan yang terjadi pada anak dan remaja nyaris tidak menunjukan gejala. Seperti yang dikutip dari laman kompas health, ketika kemudian gejala itu muncul pada anak-anak dan remaja itu biasanya sudah empat hingga tujuh hari dia terinfeksi.

Adapun gejala yang terlihat jika anak atau balita terjangkit virus akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti ini diantaranya:

1. Mendadak demam tanpa sebab yang jelas lebih dari 40 derajat Celcius.
2. Mendadak sakit kepala.
3. Mendadak otot, tulang, dan persendian terasa nyeri.
4. Mendadak mual-mual.
5. Kemudian mendadak muntah.
6. Adanya rasa sakit di belakang mata.
7. Ruam.
8. Adanya pendarahan ringan dari hidung atau gusi.
9. Jadi tidak nafsu makan.

Jika gejala atau ciri-ciri yang tersebut diatas terjadi pada anak Anda, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk diperiksa.

Biasanya keanyakan kasus demam berdarah ringan berlangsung selama dua hari hingga satu minggu. Akan tetapi, keadaan bisa menjadi parah bahkan mengancam jiwa.

Pada Fase kritisnya, dibeberapa kasus DBD ini bisa mengakibatkan pembuluh darah bocor atau rusak. Bahkan trombosit darah juga bisa turun dan sindrom syok dengue.

Perlu kita ketahui, Sindrom inilah yang bisa mengancam nyawa penderitanya. Jika demam berdarah memasuki fase kritis maka tanda dan gejala yang muncul diantaranya seperti :

1. Nyeri perut yang parah
2. Muntah yang terus menerus
3. Adanya pendarahan dari gusi atau hidung
4. Keluar darah dalam urine, feses, atau muntah
5. Bintik merah di bawah kulit yang terlihat seperti memar
6. Sulit bernapas
7. Kulit dingin atau basah
8. Gelisah dan mudah marah

Sebaiknya jangan tunggu gejala atau tanda fase kritis tersebut itu muncul. Segera periksakan anak Anda ke dokter dari sejak timbulnya gejala DBD ringan.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.