Selamat datang di mediapangandaran.com
Mau Melihara Cupang? Kenali Lebih Dalam Yuk

Mau Melihara Cupang? Kenali Lebih Dalam Yuk

MediaPangandaran.Com - Siapa yang tidak tahu ikan cupang? Ikan bernama latin Betta Sp. ini adalah ikan tawar yang habitat aslinya ada di beberapa negara di Asia Tenggara, diantaranya, Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Di Pangandaran, ikan hias ini mulai digemari oleh banyak kalangan masyarakat. kami dari Media Pangandaran mengunjungi Eden Fin. Salah satu peternakan ikan cupang yang berlokasi di Babakan, Pangandaran.

Denis, pemilik Eden Fin menjelaskan bahwa secara fisik dan genetik, cupang terbagi menjadi dua kategori, HMPK dan Plakat. "Plakat itu jenis cupang aduan, yang biasa kita kenal."

Sementara HMPK atau kepanjangan dari Half Moon Plakad adalah jenis cupang hias. yang kini tengah menjadi tren. Perbedaan diantara keduanya terletak di ekornya. Plakat memiliki ekor kecil, sementara HMPK memiliki ekor yang membentuk 180 derajat.

"Nah, kalo dari segi warna, mereka terbagi menjadi beberapa kategori. Ada Marble, Fancy, Bester, Besgel dan Koi." Denis menjelaskan.

Cupang marble adalah cupang yang memiliki dua warna atau lebih, dimana satu warna mendominasi warna lainnya. Sementara cupang yang memiliki tiga warna atau lebih sering disebut dengan multicolor.

"Fancy itu cupang yang warnanya ada di sisik. Kalau yang warnanya ada di daging disebut cupang Koi."

"Cupang Bester, singkatan dari Bebas Terang adalah cupang yang berwarna terang. Sementara, Cupang Besgel atau Bebas Gelap adalah cupang yang dominan warnanya Gelap.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal Berita Pangandaran, Berita Nasional, Bisnis, Lifestyle, Otomotif, Teknologi, Wisata, Opini, Sastra dan yang lainnya.