Selamat datang di mediapangandaran.com
Kiat Menyimpan Sayuran dan Buah-buahan Sepanjang Pandemi Corona

Kiat Menyimpan Sayuran dan Buah-buahan Sepanjang Pandemi Corona

Kiat Menyimpan Sayuran dan Buah-buahan Sepanjang Pandemi Corona
MediaPangandaran.com - Beberapa orang condong merubah keseringan belanja keperluan utama di saat pandemi corona. Tiap-tiap kali belanja guna persediaan sepanjang beberapa waktu supaya kurangi keseringan ke luar rumah.

Dengan pengubahan tersebut, perlu untuk memperhatikan betul cara menempatkan bahan makanan yang pas, seperti daging, buah, dan sayuran supaya tahan lama dan tidak membuat rusak gizinya. Hendaknya beberapa bahan belanjaan segera dibersihkan dan dikemas buat sekali memasak.

Umpamanya untuk daging, pisahkan dalam plastik vakum ataupun wadah tertutup rapat-rapat udara. Apabila anda membeli daging sapi buat 5 kali memasak, potong-potonglah jadi 5 bagian, lantas pisahkan ke dalam wadah yang berlainan. Tidak hanya efisien ketika mau memasak, ini pun mengurangi resiko pencemaran.

Jika membeli banyak tak dipisah-pisahkan, maka akan bolak-balik dikeluarkan dari lemari pendingin (freezer) sehingga risiko terkontaminasi kian besar. Sebelum dibenamkan ke dalam lemari pendingin, daging tak usah dicuci. Anda bisa mencucinya sampai bersih ketika akan diolah.

Sedangkan sayuran yang akan disimpan ke dalam lemari pendingin mesti dibersihkan dengan air mengalir guna meyakinkan terhindar dari pencemaran. Sebelum ditaruh, jangan lupa buat ditiriskan kemudian dikeringkan. Bungkus dengan tisu dapur, lantas taruh di kulkas.

Tetapi ada sejumlah sayur-mayur yang tak usah dicuci, seperti brokoli. Hendaknya brokoli dibungkus dengan tisu dapur saat ditempatkan di dalam kulkas. Brokoli ada baiknya mesti secepatnya dikonsumsi sebab tak tahan lama.

Tomat juga dapat ditaruh di suhu ruangan, yang utama jauhkan dari cahaya matahari langsung supaya tidak mudah layu. Apabila ditaruh di kulkas, tomat dapat bertahan sampai seminggu.

Demikian pula dengan buah, cucilah sebelum disimpan ke lemari pendingin. Terutama buat apel, dianjurkan buat mempersiapkan wadah tersendiri. Apel menghasilkan gas etilen, apabila tak dipisahkan dari sayuran dan buah lainnya maka berlangsungnya pembusukan di kulkas akan berjalan lebih singkat.

Bungkus apel dengan kertas satu-satu atau masukkanlah ke dalam kantung plastik yang dilubangi.

Apabila memilih buat menaruh apel di suhu ruangan, buah ini dapat bertahan sampai seminggu. Sedangkan pisang dan semangka lebih baik ditaruh di suhu kamar. Untuk pisang dianjurkan supaya membeli seperlunya.

Apabila membeli dalam jumlah banyak, pisang yang didiamkan terlampau lama bakal sangat matang dan muatan gulanya meningkat.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.