Selamat datang di mediapangandaran.com
Ini Dia 4 Penyebab Muntah Saat Berpuasa, Yuk Kenali!

Ini Dia 4 Penyebab Muntah Saat Berpuasa, Yuk Kenali!

Ini Dia 4 Penyebab Muntah Saat Berpuasa, Yuk Kenali!
MediaPangandaran.com - Apakah Anda pernah menderita muntah di pekan pertama Ramadan 2020? Muntah dapat dialami lantaran sistem pencernaan sedang menyesuaikan diri dengan pola makan yang berlainan dari lazimnya. Ataupun memiliki sejarah masalah pencernaan dan aspek makanan ataupun minuman yang dimakan ketika sahur dan buka puasa.

Sesungguhnya, muntah bukanlah keadaan yang harus dicemaskan. Namun, bila berlangsung terus menerus dan apa yang dibuang oleh tubuh lumayan banyak, muntah bisa jadi adalah sebuah tanda keadaan medis khusus.

Mari, telusuri apa saja yang menyebabkan muntah ketika puasa!

1. Mengonsumsi Santapan Berminyak Ketika Sahur

Terlampau banyak mengonsumsi penganan berminyak ketika sahur salah satu aspek pencetus muntah. Karena penganan yang berminyak mempunyai kandungan lemak yang melimpah. Walhasil, perut jadi lebih lamban dalam mengolah ataupun meluangkan asupan dari lambung anda.

Akhirnya, seringkali rasa mual jadi timbul sehingga mengakibatkan Anda muntah di sela-sela kegiatan puasa.

2. Kerap Makan Pedas Ketika Sahur

Penganan pedas benar-benar terasa nikmat dan bisa menambah selera makan. Tetapi, terlampau banyak makan pedas, khususnya ketika sahur, bisa berpeluang menyulut berbagai permasalahan kesehatan, termasuk muntah.

Pada beberapa orang yang mempunyai sejarah masalah pencernaan, seperti asam lambung yang naik ke tenggorokan (acid reflux), gastritis, sampai tukak lambung, kerap mengkonsumsi penganan pedas bisa memperburuk tanda-tanda penyakit itu yang dicirikan dengan tanda mual dan muntah.

3. Makan Kelewatan Ataupun Sangat Singkat Ketika Sahur

Yang menyebabkan lain muntah ketika puasa ialah makan berlebihan ataupun terlampau singkat ketika sahur. Ya, ketika lambung tak mampu kembali memuat ataupun mengolah santapan yang sangat beragam, sistem pencernaan bakal menekan penganan supaya pergi dari tubuh lewat muntah.

Hal ini bisa dikarenakan oleh kegiatan lambung yang sangat berat dalam mengolah santapan yang anda makan.

4. Segera Tidur Sesudah Makan Sahur

Segera tidur sesudah makan sahur mungkin salah satu faktor rasa mual mendera sehingga mengakibatkan Anda muntah ketika puasa. Hal ini khususnya dirasakan oleh kaum pengidap gastroesophageal reflux disease (GERD) ataupun asam lambung melonjak.

Biasanya muntah bukanlah keadaan yang harus dicemaskan. Tetapi, hal ini bisa jadi adalah sebuah tanda keadaan mediskhusus. Yup, dengan tahu yang menyebabkan muntah ketika puasa, Anda dapat menjalankan tindakan preventif yang jitu supaya ibadah puasa Ramadan berlangsung lancar.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.