Selamat datang di mediapangandaran.com
5 Kuliner Unik dari Berbagai Daerah di Nusantara yang Cuma Muncul Ketika Ramadan

5 Kuliner Unik dari Berbagai Daerah di Nusantara yang Cuma Muncul Ketika Ramadan

5 Kuliner Unik dari Berbagai Daerah di Nusantara yang Cuma Muncul Ketika Ramadan

MediaPangandaran.com - Kala Ramadan, banyak sekali kudapan unik dari beberapa daerah di Tanah Air yang semakin bermunculan. Umumnya kudapan itu disajikan selaku menu utama saat berbuka puasa. Tidak sedikit orang yang rela mengantri cuma buat hunting masakan unik itu.

Nah, ketimbang penasaran, berikut ada 5 kuliner unik dari beberapa daerah di Nusantara yang cuma ada pada bulan Ramadhan.

1. Gulai Siput (Riau)

Masakan unik yang muncul cuma di bulan Ramadhan ialah gulai siput, yang asalnya dari daerah Kepualauan Riau. Selaras dengan namanya, gulai siput adalah campuran olahan dasar siput yang dicampurkan dengan santan, setelah itu dimasak sampai mengental seperti gulai pada biasanya.

2. Pakat (Sumatera Utara)

Sumatera Utara pun mempunyai kuliner unik bulan Ramadhan, loh. Namnya ialah pakat, yang merupakan kudapan yang dibuat dari ujung tanaman rotan yang masih muda, lantas dibakar.

Tetapi seringkali pula dapat dihidangkan dengan cara direbus setelah itu kulit luarnya dibuang dan isinya yang memiliki warna putih diambil lantas diiris menurut selera. Dengan komposisi yang amat lembut, pakat kebanyakan dimakan dengan nasi selaku lalapannya maupun dicampurkan dengan beberapa sayur-mayur, ditambah dengan cabai dan irisan bawang, ataupun bisa pula dicocol dengan sambal.

3. Mie Glosor (Bogor)

Kuliner unik yang teristimewa dijumpai pada waktu bulan Ramadan yang selanjutnya ialah mie glosor. Masakan unik ini banyak ditemui di daerah Bogor, Jawa Barat. Di kota hujan itu, mie glosor kebanyakan dihidangkan selaku menu buat berbuka puasa. Glosor adalah istilah yang dipilih dari Bahasa Sunda yang artinya gampang dimakan.

4. Sate Susu (Bali)

Bila kalian melakukan puasa di Kota Bali tentu bakal beda rasanya dengan melakukan puasa di kota-kota yang lain di Indonesia. Walau di Bali kebanyakan agama Hindu, tetapi Bali mempunyai kudapan unik daerah yang bakal timbul bila bulan Ramadan datang.

Adalah sate susu, jangan aneh dengan namanya. Kudapan ini diberi nama sate susu sebab dibuat dari dari potongan buah dada sapi. Orang-orang Bali yakin sate susu bisa meningkatkan energi ketika melakukan puasa esok hari.

5. Bubur Kampiun (Sumatera Barat)

Berikut ini merupakan bubur yang berawal dari Sumatera Barat. Variasinya juga beraneka macam, ada yang digantikan lupis ketan putih selaku pengganti ketan. Hidangan ini muncul di tiap-tiap bulan Ramadhan datang.

Demikianlah 5 kuliner unik dari berbagai daerah yang dapat dijumpai saat Ramadhan datang.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.