Selamat datang di mediapangandaran.com
Zona Hijau Pangandaran Mulai Gundul, Warga Cigugur Lakukan Reboisasi

Zona Hijau Pangandaran Mulai Gundul, Warga Cigugur Lakukan Reboisasi

Zona Hijau Pangandaran Mulai Gundul, Warga Cigugur Lakukan Reboisasi
Warga Kecamatan Cigugur saat akan melakukan reboisasi, Jumat (11/01/2019)

CIGUGUR, MediaPangandaran.com - Kerusakan hutan lindung dikawasan blok Cibogo Dusun Pasir Macan Desa Pagerbumi Kecamatan Cigugur terus meluas dan mengakibatkan mata air disekitarnya terkena sedimentasi hingga warga sukar mendapatkan air bersih saat kemarau tiba.

Menanggapi hal demikian, Warga di Kawasan tersebut mengambil langkah untuk reboisasi hutan lindung yang terus gundul dengan pohon endemik hutan Cigugur yang dapat menyerap air.

Menurut Camat Kecamatan Cigugur Erik Krisnayuda sedimentasi sumber air sudah dari sejak beberapa tahun lalu. Yang awalnya mata air seluas 15 X 15 meter kini hanya tersisa 2 X 3 meter.

"Gundulnya hutan ini juga memicu bencana banjir dan longsor dibawah, kan ini menjadi hulu sungai yang mengairi kawasan wisata Citumang, Santirah, Green Canyon dan yang lainnya," ungkap Erik Kepada wartawan Jumat (11/01/2019).

Sebanyak 700 pohon Picung dan pohon kosambi yang ditanam kata Erik merupakan pohon endemik hutan Cigugur dari  hasil swadaya masyarakat.

"Budaya sabilulungan ini sudah mulai pudar, melalui reboisasi hutan, kita galakan kembali goyong royong ini," ungkapnya.

Diakhir percakapan, Erik berharap gotong royong penghijauan kembali hutan di hulu sungai ini bisa dilakukan oleh semua pihak tanpa terkecuali stake holder lingkungan hidup dan Pariwisata.

"Kan semua makhluk hidup berikut kawasan wisata di Kabupaten Pangandaran itu tidak lepas dari kebutah air, jadi nonsense kalau bicara sustainable tourism tapi tidak mau mengurus hutan di hulu," Tegasnya.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Wartawan at Media Pangandaran.