Selamat datang di mediapangandaran.com
Memaknai Hari Sumpah Pemuda
Memaknai Hari Sumpah Pemuda

Memaknai Hari Sumpah Pemuda

Indonesia, Adu domba, dan Sumpah Pemuda. Foto : Teks Sumpah Pemuda

MediaPangandaran.com - Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928-2018. Adat ketimuran yang ramah, santun, saling memaafkan dan saling menghargai ternyata mulai luntur.

Saat ini ujaran kebencian, anarkhis, marah marah sudah bukan lagi menjadi sesuatu yang tabu dan menjadi suatu kewajaran dilakukan ketika terjadi kesalahan, ketika tidak sependapat, ketika bukan golongannya.

Jangan lupa sejarah Indonesia, rakyat Indonesia pada jaman kolonial mudah di kalahkan dengan strategi divide at impera nya kolonial berhasil menguasai Indonesia.

(Sumpah Pemuda).

Adanya sumpah pemuda 1928 mampu mempersatukan bangsa, dengan satu tanah air Indonesia, dengan bangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia, mampu mengalahkan kejamnya kolonial.

Walaupun berbagai jenis suku, walaupun terhalang pulau pulau dan walaupun berbeda agama tetapi Indonesia mampu mengusir kolonial, Indonesia kuat, Indonesia Hebat, mari kita jaga Indonesia tercinta ini dengan kedamaian, kebersamaan, persatuan dan kesatuan yang kuat.

Jangan mudah di adu domba hanya karena kepentingan sesaat, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama dan terjebak kedalam strategi divide at impera.

Manusia yang paling bodoh adalah manusia yang melakukan kesalahan yang sama.

Sumpah Pemuda moment penting untuk kembali bersatu bersama sama membangun Indonesia sesuai cita cita pendiri bangsa Indonesia. Sesuai konstitusi dan Dasar Negara. (MP-AN).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal berita online Pangandaran, Medianya orang Pangandaran.