Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Membuat Mentega dari Susu Kambing
Cara Membuat Mentega dari Susu Kambing

Cara Membuat Mentega dari Susu Kambing

Cara Membuat Mentega dari Susu Kambing
MediaPangandaran.com - Mentega berkualitas bisa dihasilkan dari susu kambing. Memang angka produksinya masih kecil, mengingat butiran lemak susu kambing cukup kecil sehingga agak sulit memisahkannya dari cairan susu.

Mentega susu kambing memiliki warna sangat putih. Namun jika diwarnai akan menyerupai mentega dari susu sapi, meski teksturnya berbeda. Selain dapat digunakan sebagai olesan roti, mentega dari susu kambing dapat pula digunakan untuk memasak.

Langkah pertama adalah melakukan Pasteurisasi pada suhu 145 derajat Fahrenheit (sekira 63 derajat Celsius) selama 30 menit, lalu didinginkan dengan cepat hingga suhu 40 - 45 derajat Fahrenheit (4,5 -7,2 derajat Celsius).

Lantas upaya memisahkan lemak susu tidak akan sempurna jika menggunakan pemisahan biasa. Maka penggunaan pemisah krim (cream separator) akan memisahkan semua lemak susu dari cairan susu. Jika tidak memiliki pemisah krim, cara lain adalah memanaskan susu dengan panas sedang hingga mendidih. Lalu susu disimpan di tempat sejuk agar dalam tempo 10-12 jam lapisan krim bisa dipisahkan.

Langkah berikutnya adalah pengocokan menggunakan perlakuan mekanis agar krim susu tadi mengeluarkan kandungan lemak mentega dan membentuk mentega susu kambing. Untuk membuat mentega dalam volume kecil, menggunakan wadah gelas dan pengocok terbuat dari kayu. Tuangkan krim ke dalam wadah hingga 1/3 atau 1/2 terisi. Pengocokan akan mengeluarkan air dan meningkatkan volume.

Pengocokan dihentikan saat butiran mentega berukuran sebesar biji jagung atau setelah dikocok selama 30-40 menit dengan kecepatan sedang. Butiran mentega tadi diangkat dan dicuci dengan air bersuhu sama atau lebih dingin. Lantas tiriskan dan pencucian dilakukan beberapa kali hingga air cucian bersih. Tambahkan satu sendok garam untuk setiap 0,5 kg mentega. Garam akan cepat bercampur jika diencerkan dahulu. Penambahan warna bisa disesuaikan dengan selera.

Kandungan Vitamin Mentega dari Susu Kambing

Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.