Selamat datang di mediapangandaran.com
Haul Akbar, Langkah Awal Kembalikan Kejayaan NU di Pangandaran
Haul Akbar, Langkah Awal Kembalikan Kejayaan NU di Pangandaran

Haul Akbar, Langkah Awal Kembalikan Kejayaan NU di Pangandaran

KH Rd. Hilal Faridz Turmudzi (tengah) saat berfoto bersama Kyai Muda Kabupaten Pangandaran Usai Haul Akbar di Pondok Pesantren Al Itqon Batumalang Cimerak Senin 17/9/2018.

Haul Akbar, Langkah Awal Kembalikan Kejayaan NU di Pangandaran
Cimerak, Mediapangandran.com - Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) Center Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pangandaran dengan dukungan para Kyai muda, Pimpinan Pondok Pesantren dan Tokoh ulama menggelar Haul Akbar.

Menurut Direktur Aswaja Center NU Kabupaten Pangandaran KH Rd. Hilal Faridz Turmudzi haul ini merupakan langkah untuk menyatukan warga Nahdliyin serta mengembalikan kejayaan NU yang sempat berkibar dua dekade lalu di Kabupaten Pangandaran.

"Masyarakat tentu sangat merindukan momen momen seperti ini, kan sudah 20 tahun kejadian seperti ini hilang," ungkap Rd Hilal Senin (17/9/2018).

Meski mubaligh Al Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dari Pekalongan kata ia tidak bisa hadir karena dipanggil mendadak oleh Presiden Republik Indonesia. Ucap ia sekitar 5000 orang mustami masih tetap tumplek hingga akhir kegiatan haul akbar usai.

"Ya kami merelakan, karena Habib ada kepentingan yang lebih genting dan sebagai badal dari beliau ada KH Yayan Bunyamin Direktur Aswaja Center NU Tasikmalaya," tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Haul ini juga bertujuan untuk mengenang jasa para penyebar agama islam di wilayah Kabupaten Pangandaran yang diawali oleh Syaikh Ibrohim Cijulang.

"Kami juga mengenang jasa penerusnya, para pendiri NU juga sekaligus tokoh ulama yang juga termasuk orangtua pengasuh Pondok Pesantren yang ada di Wilayah Pangandaran," tuturnya.

Diakhir pembicaraan, ia mengaku akan terus melanjutkan haul akbar secara terus dan turun temurun.

Sementara, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengaku baru mengetahui tentang keberadaan Syaikh Ibrohim Cijulang.

"Untuk menghargai sekaligus mengenang jasanya, nanti kami akan melakukan ziarah H-2 sebelum puncak ulangtahun Kabupaten Pangandaran". Pungkasnya.
Advertisement

Baca juga: