Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Merawat Agar Sneaker Tetap Awet
Cara Merawat Agar Sneaker Tetap Awet

Cara Merawat Agar Sneaker Tetap Awet

Inilah Cara Merawat Agar Sneaker Tetap Awet

MediaPangandaran.com - Cara Merawat Agar Sneaker Tetap Awet - Sepatu dengan sol karet selalu menjadi benda yang membuat kaki bahagia. Sepatu jenis ini cocok dikenakan untuk menjalankan aktivitas luar ruangan, menyiasati mobilitas tinggi dengan tetap nyaman, tak lupa mendongrak penampilan menjadi lebih trendi.

Sudah sejak lama sepatu sol karet disukai. Sejak akhir abad ke-18 ada jenis alas kaki yang disebut plimsolls, yakni sepatu dengan sol dari karet. Sayangnya, kala itu sepatu jenis ini tidak dibedakan kiri dan kanan sehingga selain membingungkan juga menjadi kurang nyaman dipakai.

Untuk menyelesaikan masalah itu, pada 1892, US Rubber Company perusahaan sepatu dari Amerika Serikat membuat sepatu sol karet yang membedakan kiri dan kanan. Sepatu dengan sol karet dan upper (penutup punggung kaki) terbuat dari kanvas kemudian disukai dan menjadi populer.

Keds muncul di tahun 1917 yang kemudian dikenal sebagai salah satu brand sneaker tertua di dunia, dan yang memproduksi sneaker secara massal. Tak heran jika sepatu sol karet juga dikenal dengan sebutan sepatu kets yang terinspirasi dari brand tersebut.

Sepatu sol karet lantas memiliki nama lain, yakni sneaker. Karena sol karet yang menjadi dasar pada tapaknya membuat penggunanya dapat bergerak dan melangkah nyaman tanpa suara, seperti orang yang mengendap-enap (sneak).

Pada 1924, cikal bakal footwear brand ternama Adidas muncul. Sejak saat itu, perkembangan sepatu sol karet bertemu cabang jalan. Dalam perkembangannya, sepatu sol karet bisa dikatakan terbagi pada dua kelompok, sneaker dan trainer.

Jenis trainer adalah sepatu sol karet yang memiliki fungsi tambahan, biasanya untuk olah raga atau kegiatan outdoor khusus seperti mendaki gunung atau medan berair. Sepatu sneaker condong pada bentuk muka yang menjadikannya sebagai salah satu pelengkap penampilan selain fungsinya.

Sneaker mulai populer sebagai fashion item pada era 1970-an dan menjadi bagian penting dalam budaya hip hop dan rock n roll. Muncul pula brand Vans pada 1966 dengan citra kuat di kalangan pegiat skateboard.

Namun, sneakerhead, atau pencinta sepatu sneaker tak hanya milik para skater. Di Amerika Serikat, kelompok ini juga hadir di penggemar olah raga basket dengan bentuk dan model sneaker yang berbeda jauh dengan sepatu untuk skate.

Tahun 2018 adalah era ketika sepatu sol karet kembali unjuk gigi, bahkan semakin menguat di kalangan perempuan. Ada pun tren sneaker yang tengah digemari adalah bentuk chunky (gemuk), colorful, serta branded. Akan tetapi, yang klasik selalu abadi. Sneaker old-school bukanlah old-fashioned. Yang menarik, penggemarnya turun-temurun.

Tren sneaker 2018 masih membawa serta produk sneaker lawas. Beberapa di antaranya, Nike Air Max 98, Converse One Stars, Converse Chuck Taylor, Nike Cortez, Reebok Classic, atau Adidas Samba. Sementara itu brand Vans di musim panas ini merilis Vans Epoch Sport dengan siluet yang mengadaptasi item product di 1980-an dan gaya upper dari era 1990-an. Hasilnya, paduan futuristik yang didapat jika dikenakan di tahun 2018.

Lantas, bagaimana cara merawat sneaker agar tetap awet? Agar sneaker tetap awet terutama dengan upper dari kanvas, berikut beberapa saran. Antara lain tidak menggunakan deterjen dan sikat keras saat mencuci, jangan direndam cukup dengan dilap dengan tisu basah atau dibersihkan dengan sikat gigi. Pantangan lain adalah tidak menjemur di bawah sinar matahari langsung. Keringkan dengan hair dryer lebih baik. Dengan beberapa langkah tersebut, sneaker akan tetap bertahan.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.