Selamat datang di mediapangandaran.com
7 Tips Sukses Belanja di Batam
7 Tips Sukses Belanja di Batam

7 Tips Sukses Belanja di Batam

Batam jadi tempat belanja menyenangkan, terutama untuk barang-barang elektronik, gadget, parfum, tas, jam tangan, makanan, dan pakaian Impor.

7 Tips Sukses Belanja di Batam
MediaPangandaran.com - Batam adalah kota yang dicanangkan BJ Habibie saat menjadi presiden waktu itu, sebagai landmark Indonesia yang menghubungkan langsung dengan Singapura. Pasalnya, kata Habibie waktu itu, suatu saat Singapura yang luasnya hanya sekitar 500 km akan memasuki era jenuh. Ketika era itu tiba, Singapura diperkirakan tak akan dapat lagi menampung "aliran" investasi yang masuk.

Dengan begitu, Batam pun dibangun dan dipersiapkan untuk menampung "aliran" investasi tersebut. Seandainya Batam sudah penuh, desakan investasi dapat disalurkan ke pulau-pulau di sepanjang yang menghubungkan Batam dan Pulau Galang.

Batam jadi tempat belanja menyenangkan. Mengapa? Kota yang didesain oleh Habibie untuk "melarikan" investasi pengunjung Singapura yang sudah jenuh ini, memang sengaja dirancang sebagai kawasan belanja, terutama untuk barang-barang elektronik, gadget, parfum, tas, jam tangan, makanan, dan pakaian Impor. Namun, bagaimana cara belanja yang menguntungkan dan tak terjebak salah pilih?

Trik dan tips belanja di Batam berikut dapat jadi pegangan.
  1. Kosongkan ransel/koper bila memang mau banyak belanja di Batam agar tidak harus menambah tentengan.
  2. Lakukan searching dulu internet untuk harga barang-barang elektronik yang akan Anda beli. Agar nanti dapat perimbangan dengan harga di Batam.
  3. Siapkan paspor saat mau keluar-masuk terminal feri atau bandara agar mempercepat antrean, terutama saat akan memasuki Singapura dari Batam karena petugasnya sangat tegas dan teliti.
  4. Bila berangkat menggunakan travel wisata, Biasanya sudah mengarahkan pembelanja (shopacholic) ke destinasi-destinasi tertentu, tetapi menjajal tempat lain tidak ada salahnya.
  5. Saat belanja barang elektronik, tanyakan garansinya. Ada dua jenis garansi, garansi toko dan garansi nasional. Ada tiga jenis barang elektronik, orisinal (ori), BM (black market), atau rekondisi. Hati-hati dan waspada sebab ketiganya sekilas sama padahal berbeda. Jadilah pembeli cerdas agar tidak tertipu.
  6. Untuk tas, jam tangan, parfum, pakaian, dll tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari barang orisinal sampai KW. Perbedaan harga dan kualitas barang menjadi pembedanya.
  7. Untuk makanan, seperti cokelat dll, memang agak sulit memastikan ori atau tidaknya. Tetapi, semua jenis cokelat yang di Singapura sangat mahal, di sini bisa jauh lebih murah.
Siap berbelanja? Siapkan uang atau uang plastik Anda!
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.