Selamat datang di mediapangandaran.com
Pesawat ATR akan Beroperasi di Bandara Nusawiru
Pesawat ATR akan Beroperasi di Bandara Nusawiru

Pesawat ATR akan Beroperasi di Bandara Nusawiru

BANDARA NUSAWIRU, Pesawat ATR akan layani penerbangan di Bandara Nusawiru Kab. Pangandaran


PANGANDARAN, Mediapangandaran.com – Untuk meningkatkan pelayanan jasa penerbangan di Kabupaten Pangandaran, pesawat jenis ATR akan beroperasi di Bandara Nusawiru Kabupaten Pangandaran tahun ini.

“Sebagai daerah pariwisata tentunya alat transportasi sangat penting, di kita sudah ada Bandara supaya bis maksimal di manfaatkan tahun ini pesawat jenis ATR rencananya akan beroperasi,” ungkap Hendra Gunawan, Kepala Bandara Nusawiru Pangandaran, Kepada Mediapangandaran.com , (30/7/2018).

Hendra mengatakan, Pesawat ATR merupakan pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin turbo prop. Pesawat ini memiliki kapasitas hingga 78 penumpang dalam konfigurasi kelas tunggal dan dioperasikan oleh dua kru penerbang.

"Sekarang kita sedang lakukan persiapan penambahan alat pendukung untuk pesawat ATR," ungkapnya.

Dikatakannya, Peralatan pendukung yang sudah datang di bandara Nusawiru saat ini diantaranya peralatan X-ray bagasi, kendaraan unit ambulan. "Bahkan rencananya September besok kendaraan unit Pemadam Kebakaran katagori 4 foam tender akan tiba di bandara Nusawiru," tuturnya.

Lanjut Hendra, rencananya pesawat ATR akan tiba di Bandara Nusawiru setelah fasilitas pendukungnya lengkap.

"Kalau fasilitas pendukungnya sudah lengkap tahun ini juga psawat ATR akan hadir di bandara Nusawiru, kalau fasilitas pendukung sudah beres rute penerbangan pesawat ATR juga bisa langsung di tentukan ," sambungnya.

Selain fasilitas pendukung, lanjut Hendra faktor pendukung alat transportasi darat untuk penumpang pesawat dari bandara juga sangat penting dan biasanya bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan.

“Dukungan dari Pemda juga sangat penting untuk pengembangan Bandara Nusawiru, dan saat ini alhamdulillah pihak Pemda Kabupaten Pangandaran selalu memberikan dukungan” ungkapnya.

Hendra menambahkan, Saat ini Bandara Nusawiru melayani penerbangan reguler dengan rute Pangandaran – Jakarta dan Jakarta – Pangandaran oleh perusahaan PT Susi Air Aviation dan pesawat latih.

"Untuk saat ini, Bandara Nusawiru masih melakukan pelayanan penerbangan reguler dari PT Susi Air Avantion untuk route Pangandaran-Jakarta, dan Jakarta-Pangandaran. Serta pesawat latih dari dari beberapa sekolah penerbangan," pungkasnya.

Sementara Kepala Operasional PT Susi Air Avantion, Oki Yanto mengatakan, untuk penerbangan reguler Pangandaran-Jakarta, PT Susi Air menggunakan jenis pesawat Cessna Grand Caravan C208B yang memuat penumpang maksimal 12 orang.

"Kami baru melayani satu kali penerbangan dalam satu hari untuk Regular Flight Susi Air, dan melakukan penerbang setiap hari kecuali hari minggu untuk route Nusawiru-Jakarta (Halim PK)-Nusawiru,” Ungkapnya. (AN).

Advertisement

Baca juga:


Admin
Wartawan at Media Pangandaran.