Corsair Vengeance K95, Bodi Lebar untuk Gamer MMO
Corsair Vengeance K95, Bodi Lebar untuk Gamer MMO

Corsair Vengeance K95, Bodi Lebar untuk Gamer MMO

Review Corsair Vengeance K95, spesifikasi dan harga April 2018.

Corsair Vengeance K95, Bodi Lebar untuk Gamer MMO
MediaPangandaran.com - Gamer dengan hobi bermain game dengan genre Massively Multiplayer Online (MMO) tentu membutuhkan sebuah gear yang cocok untuk mengoptimalkan permainannya. Tak hanya mouse saja, melainkan juga keyboard. Tak salah jika beberapa brand ternama memproduksi keyboard untuk kebutuhan gaming MMO. Corsair pun termasuk salah satunya, melalui seri Corsair Vengeance K95.

Desain
Panjang itu adalah kata yang tepat untuk mencerminkan bodinya. Panjangnya adalah 54,6 cm dengan lebar 13,7 cm dan bobot 3,3 kg. Sepertinya memang Anda membutuhkan sebuah meja yang cukup besar untuk menempatkan keyboard ini.

Secara tampilan, mengambil ciri khas periferal Corsair yang terlihat premium. Corsair Vengeance K95 memiliki warna dominan hitam dengan aksen metalik. Semua key angka dan huruf dapat terlihat jelas karena memiliki iluminasi warna putih. Untuk menambah kenyamanan, terdapat sebuah wrist rest yang harus disekrup agar menambah kestabilan dan tidak mudah bergoyang.

Permukaan tiap key yang ada sedikit cekung sehingga menambah kenyamanan saat jari Anda berada di atasnya. Membuatnya cocok untuk mengetik dalam waktu lama. Keyboard ini menggunakan switch Cherry MX Red yang ringan ditekan dan tidak memerlukan usaha penuh untuk men-trigger key. Anda yang menginginkan feedback key dengan "klik" mungkin akan lebih memilih keyboard dengan switch Cherry MX Blue, seperti yang ditawarkan oleh Corsair Vengeance K70.

Di sisi kiri layout keyboard, terdapat seangkain key tambahan dengan label G1 hingga G18 yang tersedia dalam 6 baris. Secara teori 18 key yang ada ini digunakan untuk merekam macro. Tetapi Anda dapat juga mengubah fungsi key untuk perintah tertentu, seperti misalnya menjalankan aplikasi tertentu atau mengontrol media.

18 key memang jumlah yang sangat banyak untuk seorang gamer biasa, namun jelasnya dapat memberikan keunggulan tersendiri bagi gamer yang memerlukannya. Dengan 3 profile keyboard yang dapat diakses, total macro yang dapat dihasilkan adalah 54 buah. Memang untuk mengakses salah satu dari ke-18 tombed tersebut tidak mudah, mengingat tangan kiri harus bergerak keseluruhan, tak hanya dapat sekadar jari saja. Tentu saja hal ini dikarenakan bodi keyboard yang panjang.

Fitur
Sama seperti keyboard gaming dari Corsair lainnya, Vengeance K95 juga menggunakan aplikasi yang sama untuk melakukan pengaturan fitur. Keyboard ini memiliki 3 buah profile yang dapat disimpan di dalam keyboard itu sendiri. Berbeda dengan mouse gaming milik Corsair, Anda tak dapat memprogram profile tambahan untuk disimpan di PC. Untuk tiap profile, Anda dapat memodifikasi tiap tombol pada keyboard, termasuk tombol mana yang akan berilumipasi dan tingkat iluminasinya.

Merekam macro dengan Vengeance K95 cukup mudah, berkat tombol macro-record yang ada di keyboard. Cukup tekan tombol, lalu tekan tombol dalam urutan tertentu. Jeda diantara penekanan tombol secara otomatis akan merekam macro secara langsung.

Tentunya hal ini cocok untuk gamer hardcore MMO yang seringnya harus melontarkan skill tertentu dalam urutan yang tepat. Misalnya Anda dapat membuat karakter game melakukan cast sebuah fireball, melemparkan cast lainnya, diikuti dengan skill untuk mem-buff power magic. Bayangkan jika semuanya dilakukan hanya dengan satu tombol, bukannya 10 misalnya. Tentu tidak hanya gamer MMO saja yang dapat menggunakan jasa keyboard ini, gamer RTS juga dapat mengoptimalkannya.

Performa
Sebenarnya tiap genre game dapat mengoptimalkan keyboard ini. Tapi memang 18 tombol tambahan yang ada terlalu banyak juga untuk sebuah game action atau FPS, namun berguna juga. Misalnya pada game Batman: Arkham City, memudahkan Anda untuk mengakses tiap gadget yang dimiliki Batman.

Atau misalnya pada Star Wars: The Old Republic, penggunaan macro sangatlah berguna untuk menggunakan kombinasi sabetan lightsaber, sehingga menyerang musuh bisa lebih cepat. Hanya saja memang lebih nyaman saat mengakses tombol macro yang lebih dekat dengan jari di tangan kiri. Namun dengan sedikit adaptasi Anda pasti bisa meraih semua tombol dengan lebih cepat.

Secara keseluruhan, harga Corsair Vengeance K95 memang cukup mahal, yakni Rp 2 jutaan, namun sesuai dengan fungsi dan fitur yang ditawarkan. Tentunya jumlah tombol macro yang melimpah menjadi target bagi para gamer yang mencarinya. Tapi penggunaan switch Cherry MX Red memungkinkan menjadi pemikiran tertentu, mengingat tak semua orang nyaman dengannya. Yang pasti Corsair Vengeance K95 sangat cocok untuk sebagai pilihan gamer hardcore MMO atau RTS.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.