9 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah
9 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

9 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Tips untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

9 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah
MediaPangandaran.com - Tuh, bibir kering mana asik. Perih, panas, pecah-pecah lagi. Nggak ada indah-indahnya tau... Gimana cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah? Gampang!

Bibir yang pecah-pecah umumnya disebabkan oleh panas dalam, dehidrasi, udara yang kering dan dingin, kekurangan vitamin, sengatan sinar matahari dan alergi. Yang mana masalahmu? Berikut 9 cara atasi bibir kering dan pecah-pecah.

1. Cegah Panas Dalam
Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang bisa menyebabkan panas dalam. Nah, ini jadi alasan tambahan untuk nggak makan junk food dan makanan nggak berserat lainnya. Selain nggak sehat, juga bikin nggak cantik, nih.

2. Berhenti Menjilat
Punya kebiasaan menjilat bibir? Hentikan deh. Soalnya, karena air liur mengandung enzim yang mempunyai sifat mencerna. Jadi secara perlahan justru bakal bikin bibir makin kering dan perih. Kalo udah kayak gitu, bibir bakal terasa sakit dan panas.

3. Stop Gigit
Jangan suka menarik kulit-kulit kering yang sedikit terkelupas dari bibir kamu atau menggigit bibir. Kecuali perih, hal ini bakal bikin bibir jadi mengeluarkan darah dan nggak sembuh-sembuh.

4. Cek Pasta Gigi
Bisa jadi kamu alergi sama zat perasa (flavouring agent) yang terkandung di dalam odol. Alergi semacam ini juga bisa disebabkan oleh permen, permen karet dan pembilas mulut (mouthwash). So, kalo rasanya abis pake produk tertentu trus bibir kamu jadi kering dan pecah-pecah, coba ganti ke merek yang lain yang lebih lembut.

5. Pulau di Bantal
Hehehe...ini bikin kamu-kamu yang suka tidur sambil bikin pulau di bantal alias ngiler. Kebiasaan yang udah malu-maluin ini temyata belum puas bikin hidup sengsara karena bisa bikin mulut kering dan bibir pecah-pecah. Nah, biar nggak ngiler lagi, coba deh olesin zinc oxide ke bibir sebelum tidur. Lebih baik pergi ke apotik besar buat minta dibikinin salep olesan ini buat kamu.

6. Pake Lipbalm
Gunakan lip balm seperti memakai body lotion atau mandi pake sabun. Iya, harus rutin dan dipake setiap hari. Pilih yang medicated dan mengandung aloe vera dan vitamin E tinggi. Usahakan kamu mengecek apakah lipbalm itu mengandung salicylic acid, isopropyl myristate, eugenol atau phenol, yang banyak ditemuin di dalam produk lipbalm, tapi belum terbukti aman buat bibir atau bisa menyebabkan efek-efek alergi terutama buat orang-orang yang sensitif. Oh iya, pilih juga lipbalm yang udah mengandung SPF 15 keatas buat perlindungan pada bibir jadi lebih sempuma.

7. Pake Lipstik
Ada teori yang bilang, perempuan yang memakai lipstick jarang terkena kanker bibir. Lipstik dipercaya melindungi bibir dari sinar matahari dan dengan sendirinya mengurangi paparan matahari yang bisa menimbulkan kekeringan dan kerusakan pada bibir kita. Lipstik saat ini juga udah dilengkapi dengan vitamin E dan kadar SPF yang tingi makanya bagus buat melindungi bibir.

8. Banyak Minum
Yang pasti air putih dong. Dengan banyak meminumnya, kita bakal terhindar dari dehidrasi. Saat tubuh punya cukup cairan, penyembuhan bibir yang pecah-pecah pasti lebih cepat.

9. Konsumsi Vitamin
Karena pola makan manusia modern sekarang ini minum vitamin, kita perlu mengkonsumsi suplemen sesuai kebutuhan. Lebih bagus kalo kamu ke dokter dulu supaya bisa diberi resep multivitamin yang paling cocok sama tubuh dan aktivitas kamu.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.