6 Cara Lembabkan Kulit Kering
6 Cara Lembabkan Kulit Kering

6 Cara Lembabkan Kulit Kering

Tips untuk melembabkan kulit kering agar segar dan kenyal sepanjang hari.

6 Cara Lembabkan Kulit Kering
MediaPangandaran.com - Kulit yang lembab membuat seseorang terlihat lebih sehat dan cantik. Namun, tak sedikit orang yang memiliki kulit yang kering. Bahkan sangat kering sehingga kulit menjadi pecah-pecah, bersisik dan menimbulkan iritasi. Jika kondisi kulit kering, maka perlu perawatan ekstra agar kulit tetap lembab dan segar. Lantas bagaimana membuat kulit kering tetap lembab?

Kulit yang lembab ditandai dengan kelembaban yang cukup sehingga terlihat basah atau berembun, segar dan bercahaya. Jika kulit lembab maka kulit cenderung normal, yaitu kulit akan terlihat halus dan segar, kepercayaan diri pun meningkat. Sebaliknya, jika kondisi kulit kering membuat seseorang tidak percaya diri dan berusaha menutupinya agar kondisi kulit kering tidak terlihat.

Kondisi kulit kering ditandai dengan kulit yang bersisik dan pecah-pecah. Kulit kering menimbulkan efek yang tidak segar pada kulit bahkan cenderung terlihat keriput. Kulit menjadi kering karena kadar minyak atau sebumnya sangat rendah dan cenderung sensitif sehingga terlihat parched karena kulit tidak mampu mempertahankan kelembaban.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Salah satunya dari dalam tubuh adalah gaya hidup yang kurang baik. Penyebab lainnya adalah keadaan susunan kulit dengan keadaan kelenjar minyak yang tidak sanggup memberikan cukup lubrikasi bagi kulit akibatnya menimbulkan dehidrasi pada kulit.

Berikut tips-tips yang sebaiknya dilakukan agar kulit tetap lembab dan sehat:
  1. Menghindari penyebab yang membuat kulit menjadi kering seperti penggunaan sabun antiseptik, deterjen, serta sering mandi menggunakan air panas secara terus-menerus.
  2. Menggunakan pelembab sesering mungkin. Minimal seseorang menggunakan pelembab dua kali sehari setelah mandi. Gunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit. Dengan mengoleskan pelembab setelah mandi, maka pelembab akan dapat menahan kandungan air pada kulit dalam keadaan lembab setelah terkena air.
  3. Disarankan menggunakan pelembab yang mengandung berbagai bahan seperti urea, ceramiode, lanonin, asam hyaluronat, AHA (alpha hydroxy acid) yang dapat mengikat air dan menutup celah pada kulit yang rusak agar tidak terjadi penguapan yang berlebihan.
  4. Cukup makan sayur-sayuran dan buah-buah segar yang banyak mengandung cairan, vitamin dan mineral agar membuat kulit lembab dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah-buahan dan sayur-sayuran segar akan membuat kulit tetap terlihat segar.
  5. Minum air putih secukupnya kurang lebih 2 liter per hari atau 8 gelas per hari untuk melancarkan tubuh serta menyegarkan dan menjaga kelembaban kulit.
  6. Berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga akan membuat kulit berkeringat. Meski tidak langsung berhubungan dengan kelembaban kulit, namun dengan berolahraga dapat menjaga kulit tetap segar dan kenyal.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.