Zotac ZBOX ID86, Mini PC Khusus Penggemar HTPC
Zotac ZBOX ID86, Mini PC Khusus Penggemar HTPC

Zotac ZBOX ID86, Mini PC Khusus Penggemar HTPC

Zotac ZBOX ID86 merupakan mini PC yang dibuat khusus untuk penggemar HTPC.

Zotac ZBOX ID86, Mini PC Khusus Penggemar HTPC
MediaPangandaran.com - Umumnya sebuah komputer kecil atau Mini PC biasa dipakai untuk kebutuhan HTPC. Fungsi utamanya adalah untuk memutar file-file multimedia. Memang penggunaan Mini PC untuk kebutuhan HTPC lebih efisien dalam ruang dan pemakaian daya listrik tentunya. Saat ini telah banyak beredar berbagai produk dari Mini PC ini. Memang juga telah banyak beredar HD media Player jika hanya ingin menikmati file-file multimedia seperti untuk kepentingan nonton film-film HD (BluRay).

Namun fungsi utama dari HTPC bukan hanya untuk mengolah file-file seperti film-film BluRay saja, untuk itulah diciptakan sebuah Mini PC. Zotak ZBOX kini telah menghadirkan salah satu produk Mini PC dengan seri ZBOX ID86. Zotac ZBOX ID86 ini masih memiliki bentuk yang tidak jauh beda dengan seri-seri ZBOX lain sebelumnya.

Zotac ZBOX ID86 hadir dengan kemasan yang tidak asing lagi dengan seri sebelumnya. Kali ini Mini PC ini hadir dengan menyertakan harddisk dan RAM (memory), jadi penggunanya sudah mendapatkan kedua komponen tersebut. Jenis harddisk yang diperbolehkan adalah yang berdimensi 2,5" dengan kapasitas bebas sesuai keinginan pemiliknya. Sedangkan untuk RAM yang dipergunakan adalah jenis SO DIMM yang biasa dipakai pada Notebook dan Netbook.

Zotac ZBOX ID86 ini dibekali dengan yang namanya Vesa Mount yang berfungsi untuk menempelkan Mini PC ini di belakang LCD atau LED TV sehingga ruang yang dipakai bisa lebih rapi dan tidak semrawut tentunya. Untuk koneksinya dengan LCD atau LED TV, ZBOX ID86 ini telah dibekali dengan konektor HDMI. Jadi penggunanya bisa dengan mudah memasangkan koneksi dengan perangkat display tersebut.

Bagi Anda yang memiliki perangkat Home Theater yang tidak menyediakan port SPDIF tersebut masih bisa melakukan koneksi dari kanal audio out pada LCD atau LED TV sehingga suara dari Mini PC masih bisa didengarkan ke perangkat Home Theater Anda.

Proses instalasi OS tidak perlu menunggu lama jika Anda menggunakan harddisk SSD, dengan syarat USB disk Anda juga memiliki spesifikasi yang bagus pula untuk read and write-nya. Setelah OS terinstal, pengguna bisa menambahkan aplikasi apapun yang dirasa diperlukan. Inilah keunggulan dari Mini PC dibanding dengan HD Media Player.

Zotac ZBOK ID86 yang dipasarkan dengan harga Rp 3,5 jutaan ini sudah dibekali dengan prosesor Intel Atom 1.8 GHz dual core 4 thread dan juga mengaplikasikan sebuah GPU dari Nvidia GeForce GT 610. Ini artinya Mini PC ini sudah cukup mumpuni untuk memainkan file-file HD dengan kualitas gambar yang sangat bagus.  Begitu pula dengan kualitas suara yang dihasilkan adalah 5.1 channel.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.