Tips Mengatasi Keputihan Secara Alami
Tips Mengatasi Keputihan Secara Alami

Tips Mengatasi Keputihan Secara Alami

Cara mengatasi keputihan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti sirih dan sereh.

Tips Mengatasi Keputihan Secara Alami
MediaPangandaran.com - Keputihan terjadi akibat bakteri jahat di dalam tubuh, yang biasanya muncul ketika kondisi tubuh sedang tidak baik, seperti terlalu lelah beraktivitas, kurang istirahat dan kurang menjaga kebersihan vagina. Keputihan merupakan kondisi cairan yang ke luar dalam jumlah berlebihan.

Ada dua macam bentuk keputihan yaitu normal dan abnormal. Yang membedakan antara keputihan normal dan abnormal adalah dilihat dari jumlah cairan yang keluar dan tingkat kekentalannya, apakah kental, cair atau sangat kental, serta dilihat dari warnanya yaitu kuning, bening, atau hijau.

Keputihan yang normal warnanya bening atau sedikit keruh, encer serta tidak disertai dengan bau menyengat. Keputihan ini terjadi pada masa subur, stres yang berlebihan, kehamilan karena pengaruh hormonal dan rangsangan seksual. Sedangkan, keputihan tidak normal, karena ada infeksi oleh jamur trichomonas vaginalis, bacterial vaginosis dan lain-lain.

Timbulnya keputihan atau lendir yang berlebih akan menghambat kegiatan Anda. Terlebih bila menimbulkan warna kecokelatan, bau tidak sedap, dan rasa gatal. Bila tidak secepatnya diatasi dapat mengakibatkan risiko terkena kanker serviks. Bahan-bahan alami seperti sirih dan sereh ternyata bisa mengatasi keputihan. Saat ini tersedia produk dalam kemasan yang mengandung bahan-bahan alami tersebut. Seperti apa?

Sirih
Daun sirih (Piper betle L.) memiliki kandungan minyak atsiri dengan kadar 0,13-0,33 persen. Minyak atsiri pada sirih terdiri atas b-sitosterol, tripterpenoid, triterpen, sesequiterpen, terpinil asetat, pirokatekin, metil eugenol, eugenol, esragol, kavikol, karvakrol, kadinen, katekol, dan kavibetol. Sirih pun memiliki kandungan senyawa neolignan (piperbetol, metilpiper betol, peperol A, piperol B), dan krotepoksida yaitu suatu senyawa yang punya potensi sebagai sitotoksik.

Kandungan-kandungan tersebut terbukti ampuh menghilangkan masalah daerah intim kewanitaan, termasuk masalah keputihan dari yang ringan hingga yang berat. Kandungan minyak atsiri, seskuiterpen, pati diastase, zat samal dan kavikol yang terdapat dalam daun sirih dapat mematikan bakteri jahat yang menjadi penyebab timbulnya keputihan.

Sereh 
Sereh (Cymbopogon nardus (L.) Rendle.) sudah lama dipercaya dapat mengatasi masalah lendir yang berlebihan di daerah kewanitaan. Daun sereh mengandung 0,4 persen minyak atsiri. Minyak atsiri merupakan komponen aktif sebagai penolak serangga setelah dilakukan pemisahan dengan metode kromatografl. Selain itu, minyak atsiri dari daun dan rimpang pada sereh bisa menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus, Streptococcus hemolitik, Psedomonas aeruginosa, Escherichia coli, Bacilus subtilis, Salmonella typhimurium, Apergillus niger dan Candida albicans.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.