Selamat datang di mediapangandaran.com
Tips Mencerahkan Punggung Kaki Secara Mudah
Tips Mencerahkan Punggung Kaki Secara Mudah

Tips Mencerahkan Punggung Kaki Secara Mudah

Cara ini diyakini dapat mencerahkan punggung kaki yang menghitam karena sering terkena sinar matahari.

Tips Mencerahkan Punggung Kaki Secara Mudah
MediaPangandaran.com - Bagi wanita yang suka mengenakan sandal atau flat shoes dan kerap melakukan aktivitas di bawah terik sinar matahari pastinya akan merasakan kulit yang tidak rata, mempunyai punggung kaki yang belang menjadikan Anda merasa kurang percaya diri. Apalagi bila belang di punggung kaki nampak jelas sekali, seperti halnya untuk mereka yang senang mengenakan rok pendek atau hot pants. Punggung kaki menjadi hitam lantaran memang pada bagian itu kerap terbuka dan  acap tertimpa sinar matahari.

Selain pancaran sinar matahari terkadang kita suka tidak sadar menggaruk-garuk punggung kaki, hal tersebut dapat membuat warna kulit punggung kaki menjadi tidak rata. Warna kulit yang tidak rata terjadi di punggung kaki tergantung pada pigmen lapisan kulit. Jika masih pada lapisan kulit atas dengan rutin melakukan lulur maka dapat mencerahkan, tetapi apabila pigmen epidermis pada bagian dalam lapisan kulit, bahkan lapisan bawah kulit berubah warna, maka dengan hanya menggunakan lulur tidaklah efektif karena lulur hanya bisa membuat kulit nampak lebih bersih. Jika sudah sampai lapisan bawah kulit atau dermis, maka harus dibantu dengan menggunakan obat-obatan atau krim yang sifatnya mencerahkan.

Bahan-bahan yang dapat membantu mencerahkan punggung kaki seperti krim yang mengandung hidrokinon, tetapi harus dilakukan di bawah pengawasan dokter karena apabila kandungannya lebih dari dua persen akan terjadi efek samping. Jika Anda tidak akan memilih memakai bahan yang mengandung hidrokinon, Anda bisa membeli krim dari bahan-bahan aktif yang mengandung azelic acid, kojic acid, dan niacinamide.

Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti bahan-bahan yang mengandung arbutin, mulberry extract, licorice extract dan tranexamic acid. Bisa juga menggunakan bahan-bahan yang mengandung retinol untuk pengelupasan lapisan kulit atas terlebih dahulu, kemudian zat-zat untuk mencerahkan dapat masuk lebih dalam pada lapisan kulit paling bawah sehingga mencerahkan punggung kaki lebih cepat.

Beberapa body lotion yang sudah terdapat bahan untuk mencerahkan sekarang ini sudah banyak beredar di pasaran. Bahkan body lotion-nya sudah mengandung SPF (sun protection factor) untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Untuk melembabkan kulit sekaligus mencerahkan, gunakan body lotion tersebut sehabis mandi. Jangan hanya kulit punggung kaki saja, sebaiknya Anda perhatikan juga area kulit yang tidak tertutup oleh busana, seperti wajah, leher, lutut, tangan dan siku agar kulit Anda tampak cerah dan rata.

Agar kulit punggung kaki dan area kulit yang terkena matahari tidak terlalu belang, Anda dapat menggunakan SPF 15. Tetapi untuk kebanyakan wanita yang banyak beraktivitas di luar ruangan sebaiknya menggunakan SPF 20. Sebelum beraktivitas di luar sebaiknya Anda juga bisa menggunakan kaos kaki dengan warna-warna cerah. Warna hitam dapat menahan sinar matahari yang masuk ke dalam kulit tubuh lebih sedikit, warna putih dapat memantulkan sinar matahari.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.