Resep Ikan Tuna Acar Kuning
Resep Ikan Tuna Acar Kuning

Resep Ikan Tuna Acar Kuning

Resep ini merupakan cara membuat olahan ikan tuna acar kuning.

Resep Ikan Tuna Acar Kuning
MediaPangandaran.com - Ikan merupakan pangan yang gurih, lezat, dan bergizi tinggi. Ikan telah menjadi sumber protein yang manfaatnya kurang lebih sama dengan daging merah ataupun daging unggas. Sebagai bahan makanan, tentu saja ikan pun menghasilkan cita rasa gurih yang nikmat dan bisa diolah dengan berbagai teknik pengolahan ataupun aneka jenis bumbu, misalnya ikan tuna acar kuning.

Ingin dibakar, bisa. Teknik pengolahan dengan cara goreng, kukus, rebus, panggang, pan seared, dan lainnya pun bisa diterapkan ketika kita ingin menyantap berbagai jenis ikan. Kemudian, bumbu. Digulai, direbus menjadi sop, dimasak bersama bumbu rendang, bersanding dengan bumbu acar atau saus putih ala makanan barat, serta bercampur dengan aneka sambal seperti sambal rica, sambal bawang, dan sebagainya, tetap nikmat. Bahkan, dicocol dengan sambal kecap pun rasanya sudah sensasional!

Ya, ikan memang bisa disantap dengan berbagai gaya masakan, ala kuliner barat, ala menu nusantara, ala santapan asia, dan sebagainya. Berbagai jenis ikan pun bisa dipakai, mulai dari ikan laut, ikan air tawar, ataupun ikan di sungai seperti ikan tuna.

Berbagai teknik masak dan racikan bumbu bisa cocok untuk mengolah ikan tuna. Ketika ingin sesuatu yang berbeda, mari mencoba resep ikan tuna acar kuning yang dibagikan Media Pangandaran. Kali ini, ikan tuna akan bertemu dengan ubi ungu dan bumbu acar kuning. Rasanya pasti komplet! Mari mencoba!

Bahan:
- 130 gram ikan tuna
- 80 gram ubi ungu
- 60 gram wortel
- 50 gram mentimun
- 30 gram bawang merah
- 15 gram kunyit
- 15 gram bawang putih
- 15 gram bawang putih tunggal
- 15 ml santan
- 1 port seasoning
- edible flower
- 5 gram tomat ceri
- 5 gram laos
- 1 gram daun salam
- 5 gram batang sereh
- 1 port fluid gel

Cara pembuatan:
  1. Bumbui ikan menggunakan garam dan merica, diamkan beberapa saat.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, dan kunyit sampai matang, lalu dihaluskan.
  3. Setelah bumbu halus, kemudian tumis menggunakan minyak. Lalu, masukkan dauh salam, daun jeruk, sereh, dan laos, tumis hingga matang dan mengeluarkan minyak.
  4. Setelah bumbu matang beri kaldu ayam dan beri juga sedikit santan, seasoning, dan cuka. Aduk sebentar dan setelah matang disisihkan.
  5. Kukus ubi ungu hingga matang, lalu ditumbuk halus.
  6. Potong wortel, mentimun, bawang sesuai selera untuk menjadi tambahan sayuran acar. Bumbui menggunakan cuka, garam, gula, dan diamkan selama 1 hari.
  7. Masak ikan dengan teknik pan seared, kurang lebih 5-8 menit.
  8. Sambil menunggu ikan masak kita siapkan lagi teflon untuk memasak ubi yang telah ditumbuk menggunakan margarin, santan, dan seasoning. Setelah matang sisihkan.
  9. Langkah terakhir adalah menyiapkan piring dan melakukan plating seluruh bahan dan siap dihidangkan.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.