Olahraga yang Membuat Berat Badan Turun Cepat
Olahraga yang Membuat Berat Badan Turun Cepat

Olahraga yang Membuat Berat Badan Turun Cepat

3 jenis olahraga yang membuat berat badan turun cepat yaitu lari, treadmill dan sepeda. ilustrasi (Net)

Olahraga yang Membuat Berat Badan Turun Cepat
MediaPangandaran.com - Hari libur bukan berarti Anda tidak berolahraga, lho! Apalagi setelah makan enak, maka melakukan olahraga itu harus supaya tidak terjadi penimbunan lemak di dalam tubuh. Bila makan banyak, namun tidak melakukan olahraga bisa dipastikan berat badan akan meningkat. Jadi pada dasarnya antara makanan yang masuk dengan energi yang keluar mesti seimbang supaya tidak terjadi penimbunan lemak di dalam tubuh.

Untuk menurunkan berat badan jadi lakukanlah olahraga yang banyak membuang kalori dan menambah kerja otot sebanyak-banyaknya supaya bisa menghancurkan lemak dan kalori. Bila sesudah liburan berat badan bertambah dan ingin menurunkannya dengan cepat, lakukanlah olahraga lari, sepeda dan treadmill.

Olahraga-lahraga itu banyak mengeluarkan kalori lantaran seluruh otot bekerja. Olahraga itupun tergolong endurance training atau olahraga ketahanan untuk melatih daya tahan agar menambah stamina. Tetapi, ada baiknya olahraga tersebut divariasikan bersama olahraga angkat beban (weight training). Gunakanlah beban yang tidak begitu berat, seperti 3 kg, tetapi dengan sesi olahraga yang cukup lama.

Olahraga ketahanan seperti angkat beban terdiri dari 2 macam, yaitu general dan master endurance. General endurance bakalan memicu kinerja otot, paru-paru, dan jantung, sedangkan master endurance seperti angkat barbel akan melatih kekuatan.

Adapun lamanya olahraga tergantung pada daya tahan tubuh dan kemampuan otot seseorang. Sebelum melakukan olahraga, sebaiknya lihatlah terlebih dulu kemampuan kerja otot, paru-paru dan jantungnya. Umumnya olahraga dilakukan selama kira-kira 30 menit, tetapi untuk menurunkan berat badan maka lamanya dapat dinaikkan.

Guna menurunkan berat badan olahraga dilakukan 5 kali dalam 1 minggu, sedangkan untuk perawatan olahraga cukup dilakukan seminggu 3 kali. Walau ingin menurunkan berat badan, tetapi tidak boleh melakukan olahraga dengan cara berlebihan. Olahraga yang dilakukan secara  berlebihan akan mengakibatkan tensi darah naik, degup jantung menjadi lebih cepat, tidak dapat tidur, dan jangka panjangnya memiliki efek pada gangguan organ tubuh.

Disamping melakukan olahraga, bila ingin berat badan turun maka alangkah baiknya memperhatikan pola tidur. Bila tidurnya kurang maka akan berpengaruh pada berat badan menjadi bertambah. Dengan melakukan olahraga dan kembali pada pola makan yang baik, maka berat badan akan menurun sekitar 4 kg/bulan.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.