Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulit Dan Aktivitas
Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulit Dan Aktivitas

Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulit Dan Aktivitas

Cara memilih sunblock yang disesuaikan dengan jenis kulit dan aktivitas.

Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulit Dan Aktivitas
MediaPangandaran.com - Kegiatan yang dilakukan di luar ruangan tentu membuat kulit terpapar sinar ultraviolet dari sinar matahari langsung, baik sinar UV-A dan UV-B. Agar kulit terlindung dari bahaya sinar ultraviolet sebaiknya menggunakan sunblock yang mengandung SPF (Sun Protection Factor) 15, 30, 50 atau lebih. Pilih sunblock yang tepat sesuai aktivitas dan jenis kulit agar tidak berdampak buruk terhadap kulit.

Sesuai Aktivitas
Memilih sunblock yang mengandung SPF harus disesuaikan dengan jenis kulit dan aktivitas. Jika aktivitas sering dilakukan di dalam ruangan, cukup menggunakan sunblock dengan SPF 15 atau 30. Jika aktivitas sering berada di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari langsung gunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Jika berlibur ke pantai atau gunung, sebaiknya pilih sunblock  dengan SPF 50.

Pemilihan sunblock dengan SPF tertentu harus sesuai fungsinya agar dapat melindungi kulit Anda lebih lama. Misalnya setelah 10 menit terpaapr sinar matahari kulit akan langsung menjadi kemerahan. Tetapi dengan memakai sunblock SPF 15, maka kulit kemerahan setelah 150 menit atau 2,5 jam. Sunblock SPF 15 ini cocok buat Anda yang aktivitasnya tidak terlalu sering di luar ruangan.

Jika aktivitas Anda sering dilakukan di luar ruangan, maka sebaiknya menggunakan sunblock minimal SPF 30. Sunblock SPF 30 artinya melindungi kulit selama 300 menit atau 5 jam. Sementara sunblock SPF 50 cocok bagi Anda yang melakukan aktivitas seperti berlibur ke pantai dan gunung dengan paparan sinar matahari yang sangat kuat. Sunblock SPF 50 akan melindungi selama 500 menit atau setara dengan 8 jam.

Pemakaian sunblock sebaiknya diulang setiap 4-5 jam sekali. Misalnya pagi hari sudah memakai sunblock, kemudian diulang pada siang harinya. Semakin tinggi SPF sunblock yang digunakan akan semakin ketat.

Sesuai Jenis Kulit
Pemakaian sunblock juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Kulit normal dan kering boleh memakai sunblock SPF 15, 30 dan 50. Tetapi jika kulit wajah cenderung berminyak dan berjerawat, sebaiknya memakai sunblock dengan SPF yang lebih rendah, misalnya SPF 15. Pasalnya, jika kulit berminyak memakai sunblock yang pekat akan menyebabkan timbulnya jerawat dan kulit menjadi berminyak. Sunblock yang pekat menjadi komedogenik yang akan memperparah jerawat yang ada.

Sedangkan untuk kulit sensitif cenderung kering, sebaiknya memakai sunblock yang mengandung pelembab dan moisturizer. Karena kulit sensitif mudah alergi, sebaiknya pilih produk yang hipoallergenic dan tidak disarankan memakai sunblock yang mengandung fragrance atau pewangi karena bisa menyebabkan alergi.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.