Meizu M1 Note, Ponsel Layar Lebar Plus Prosesor Octa-core
Meizu M1 Note, Ponsel Layar Lebar Plus Prosesor Octa-core

Meizu M1 Note, Ponsel Layar Lebar Plus Prosesor Octa-core

Spesifikasi dan Harga Meizu M1 Note

Meizu M1 Note, Ponsel Layar Lebar Plus Prosesor Octa-core
MediaPangandaran.com - Penetrasi smartphone Android produksi Negara Tirai Bambu Tiongkok semakin tajam. Hal yang menarik perhatian adalah spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Selain Lenovo dan Xiaomi yang menjadi sorotan dalam 2 tahun terakhir ini, terdapat brand Meizu yang akhirnya merilis M1 Note.

Sekilas melihat bodi dari Meizu M1 Note, desainnya teringat dengan iPhone 5c. Satu hal yang mengingatkan adalah cover belakang berbahan plastik dengan permukaan glossy yang tersedia dalam warna-warna cerah seperti putih, biru, kuning, merah muda dan hijau. Permukaan glossy inilah yang membuat bodinya tak nyaman dipegang karena terasa licin.

Salah satu hal yang menjadi keunggulan smartphone ini adalah resolusi layar-nya yang sudah Full HD 1080p. Panel layarnya adalah IGZO yang dibuat oleh Sharp dan memiliki lapisan pelindung Gorilla Glass 3. Kerapatan pikselnya adalah 403 ppi yang membuat tampilan konten di layar berukuran 5,5 inci ini terlihat tajam.

Meizu M1 datang dengan interface Flyme OS yang berbasis Android KitKat 4.4.4. Secara tampilan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan MIUI milik Xiaomi. Konsep interface sama seperti iOS dimana app drawer absen sehingga semua shortcut aplikasi ditampilkan dalam home screen. Anda dapat mengelompokkan shortcut-shortcut dalam folder agar tampilan home screen lebih rapi.

Beberapa gestur yang tersedia juga mirip seperti iOS. Seperti misalnya perpindahan antar aplikasi (task manager) yang dilakukan dengan cara menyapukan layar dari bawah ke atas. Terlihat seperti iOS 6 tetapi cara kerjanya berbeda, dimana Anda harus menarik aplikasi ke atas atau bawah di dalam daftar untuk menghapusnya dari task manager. Terdapat juga opsi untuk mem-pin aplikasi (tap dan tahan) untuk membiarkan tetap di task manager hingga Anda memutuskan untuk menghapusnya.

Meizu M1 Note membawa prosesor MediaTek MT6752 octa-core A-53 1.7 GHz dengan GPU Mali-T760MP2 dan RAM 2 GB. Secara spesifikasi dapur pacu, sangat lebih dari cukup untuk aktivitas sehari-hari. Bahkan GPU yang digunakan pun sama seperti yang ada di Galaxy S6, hanya bedanya yang ada di M1 Note ini versi dual-core, bukannya octa-core.

Bagi sebagian besar konsumen, kamera merupakan aspek yang penting sebelum membeli smartphone, dan smartphone ini memberikan kualitas kamera yang baik dengan kamera belakang 13 MP dual LED flash dan kamera depan 5 MP.

Hasil foto yang dihasilkan kamera utama termasuk baik, walau tidak dapat dibandingkan dengan smartphone flagship, dan Anda tidak akan kecewa dengannya. Warna yang dihasilkan sedikit lebih dingin (kebiruan), tetapi tak masalah mengingat kontras yang dihasilkan juga baik.

Pada mode perekaman video, kamera dapat merekam dengan resolusi hingga Full HD 1080p dalam resolusi 30 fps yang dapat berjalan konstan. Sayangnya tidak ada opsi perekaman video dengan framerate 60 fps, tetapi terdapat opsi perekaman slow motion dalam framerate 100 fps di resolusi HD 720p. Untuk video akan disimpan dalam format MP4 dengan format audio mono, sungguh aneh karena terdapat 2 mikrofon di smartphone ini.

Untuk kapasitas baterainya adalah 3.140 mAh. Dengan penggunaan normal, baterai dapat bertahan selama 11 jam dengan penggunaan standar untuk berjejaring sosial, sesekali bermain game dan menonton video. Konektivitas pun sempat berganti antara 3G dengan WiFi. Namun daya tahan baterainya bisa berkurang lagi jika sinyal 3G di lokasi jelek pastinya.

Sistem menawarkan tiga mode baterai, yakni Power Saving (empat core aktif), Balanced (enam core aktif) dan Performance (delapan core aktif). Ketiga mode tersebut dapat digunakan sesuai keperluan. Power Saving untuk menghemat baterai, Balanced untuk penggunaan normal dan Performance untuk kebutuhan berat seperti bermain game.

Sebuah smartphone dengan harga mid-end tetapi menawarkan performa flagship pastinya diburu orang, terlebih vendor dari smartphone tersebut sudah mulai dikenal luas reputasinya. Meizu pun termasuk di dalam-nya. Lantas berapakah harga Meizu M1 Note ini? Meizu M1 Note ditawarkan dengan harga Rp 3 jutaan.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.