Selamat datang di mediapangandaran.com
Makanan Yang Tidak Dianjurkan Jika Anda Terkena Kanker Payudara
Makanan Yang Tidak Dianjurkan Jika Anda Terkena Kanker Payudara

Makanan Yang Tidak Dianjurkan Jika Anda Terkena Kanker Payudara

Kanker payudara memang mematikan. Ada beberapa makanan yang harus dihindari. Baca selengkapnya dibawah ini!

Makanan Yang Tidak Dianjurkan Jika Anda Terkena Kanker Payudara
MediaPangandaran.com - Jika seseorang sudah terkena kanker payudara, tentu payudara tidak sehat dan terlihat tidak indah. Jika sudah terkena kanker payudara maka makanan yang dikonsumsi berbeda dengan seseorang yang tidak terkena kanker. Jika sedang menjalani terapi seperti kemoterapi, terapi radiasi atau operasi, maka kebutuhan makanannya juga harus cukup dalam jumlah dan asupan proteinnya agar Hb (sel darah merah) tidak turun.

Banyak yang mengatakan penderita kanker tidak boleh makan daging, ayam dan telur. Sebenarnya tidak demikian. Yang tidak dianjurkan adalah makan daging yang ada lemaknya, kulit ayam yang lemaknya tinggi, serta kuning telur. Bagi penderita kanker, asupan protein harus cukup, terutama bagi mereka yang sedang menjalani terapi radiasi. Terapi radiasi dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan sel-sel darah merah sehingga harus cepat diganti. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, maka dapat mengganti sel-sel darah merah.

Buah-buahan memang dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung antioksidan. Buah-buahan yang berwarna yang memiliki antioksidan memang dibutuhkan tubuh, tetapi konsumsinya tidak boleh berlebihan. Dalam sehari cukup lima porsi makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk sayur-sayuran seperti kubis atau kol dianjurkan dikonsumsi penderita kanker karena kubis mengandung indole 3 carbinol yang dapat melawan kanker payudara. Namun tidak semua buah baik bagi penderita kanker payudara. Buah kelengkeng, nanas, dukuh, durian dan anggur tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita kanker karena dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, jika sedang menjalani terapi radiasi sebaiknya berhati-hati minum suplemen antioksidan.

Cara memasaknya pun harus diperhatikan. Sebaiknya tidak makan daging merah dengan cara dibakar atau diasap. Seperti makanan steak atau sate. Sebab lemak dan protein yang ada di daging yang dibakar menghasilkan zat nitrosamine yang merupakan karsinogenik, yaitu zat yang mudah menyebabkan kanker.

Begitu pula sebaiknya tidak makan makanan yang digoreng, apalagi jika menggunakan minyak yang sudah berkali-kali merupakan minyak jenuh yang akan menghasilkan trans fat yang memicu terjadinya kanker. Makanan-makanan laut seperti cumi-cumi, kepiting, kerang dan udang sebaiknya juga dihindari oleh penderita kanker payudara. Pasalnya, makanan tersebut memiliki kandungan lemak yang tinggi.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.