Selamat datang di mediapangandaran.com
Kiat Sehat Atasi Sakit Kepala
Kiat Sehat Atasi Sakit Kepala

Kiat Sehat Atasi Sakit Kepala

Sakit kepala jangan dibiarkan karena bisa berakibat fatal. Inilah cara mencegah dan mengatasi sakit kepala.

Kiat Sehat Atasi Sakit Kepala
MediaPangandaran.com - Wanita adalah korban nomor satu serangan sakit kepala. Ketahuilah penyebab di balik nyeri kepala Anda dan cara terbebas darinya.

Penyebab dan Cara Atasi Sakit Kepala

Cara terbaik redakan sakit kepala: cegah sebelum kejadian. Jalani rutinitas harian seperti biasa dan kuncinya, perhatikan pencetus sakit kepala Anda. Cegah sakit kepala agar tak memuncak dengan minum banyak air putih. Atau tarik napas panjang beberapa kali setiap beberapa saat.

Sudah sakit kepala? Banyak dokter tidak menganjurkan minum obat untuk mengatasi tension headache. Penelitian menunjukkan pengalih perhatian (misalnya nonton TV atau jalan kaki) bisa membantu. Bila sakit kepala makin hebat, minum obat bebas yang berisi ibuprofen dan tanyakan dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Meskipun sangat umum terjadi, sakit kepala masih dianggap misteri. Berbagai terori dikemukakan, yang terbaru adalah ide tentang sakit kepala karena adanya gangguan kimiawi otak. Bila nyeri kadarnya ringan sampai sedang di kedua sisi kepala, kemungkinan Anda mengalami tension headache. Bila sakitnya terasa menggigit di satu sisi kepala, ada kemungkinan Anda mengalami lebih banyak tekanan pada :

Otak
Sebuah area di batang otak yang disebut generator migren menyalakan bagian saraf yang bertanggung jawab untuk menimbulkan sensasi di wajah. Kulit wajah di sekitar area yang sakit biasanya melunak.

Kini Anda tersambung dengan pusat nyeri. Walaupun Anda merasa otak seperti sedang ditusuk-tusuk, organ tersebut sebenarnya tidak merasa sakit. Adalah meninges, lapisan tipis di sekeliling otak yang sedang meradang nyeri.

Saluran Cerna
Sistem pencernaan Anda juga terkena imbas. Apapun yang Anda telan, termasuk obat sakit kepala, bisa tersimpan saja di perut tak tercerna. Menimbulkan rasa mual atau bahkan rasa ingin muntah. Di sisi lain, segala hal yang sudah ada di perut Anda bisa mendorong terjadinya diare.

Indera Perasa
Inilah yang memungkinkan otak Anda bekerja memproses segala hal. Rangsangan normal saja bisa jadi ancaman.

Pikiran
Otak Anda kini begitu sibuk menangkis berbagai serangan palsu tadi hingga Anda  jarang bisa berpikir jernih. Jangan khawatir, ini bukan kerusakan otak permanen, kok.

Hormon
Rasa nyeri mendorong timbulnya gelombang adrenalin yang membuat detak jantung bertambah cepat, melebarkan pupil mata, dan membuat Anda berkeringat.
Tubuh Anda juga seperti terendam hormon stres kortisol. Untungnya dalam jangka pendek, adrenalin dan kortidol memiliki perangkat antinyeri.

Beberapa hal di atas adalah upaya untuk atasi sakit kepala Anda yang tentunya mengganggu aktivitas Anda sebagai karyawati atau ibu rumah tangga, baik di rumah, kantor maupun tempat aktivitas lainnya.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.