Selamat datang di mediapangandaran.com
Kiat Menciptakan Kebersamaan Penuh Kualitas Dengan Keluarga
Kiat Menciptakan Kebersamaan Penuh Kualitas Dengan Keluarga

Kiat Menciptakan Kebersamaan Penuh Kualitas Dengan Keluarga

Inilah 3 cara menciptakan kebersamaan penuh kualitas dengan keluarga.

MediaPangandaran.com - Waktu 24 jam rasanya masih kurang jika dikurangi waktu tidur dan bekerja. Sisanya tinggal beberapa jam saja mengurus keluarga di rumah. Padahal ada beberapa aktivitas lain, mendampingi si sulung menghadapi pertandingan sepak bola, pertemuan dengan guru, menemani si bungsu imunisasi. Tak heran di akhir pekan, Anda dalam keadaan lelah. Namun jangan sampai hal ini mengurungkan niat Anda menjadi ibu yang bisa menikmati kebersamaan dengan seluruh keluarga.

Jangan harap anak-anak akan meminta Anda menyisihkan waktu. Anak-anak sangat adaptif, cepat belajar dan tahu kapan waktu yang tepat untuk bertanya. Atau anak-anak belum tahu kata-kata seperti apa yang bisa mengekspresikan perasaan atau kebutuhan mereka. Rasa frustasi mereka muncul dalam bentuk tindakan, seperti mudah tersinggung, merengek, dan perilaku buruk lainnya. Jadi apa yang seharusnya dilakukan? Coba ikuti tips berikut, siapa tahu Anda akan punya kebersamaan dengan keluarga secara lebih menyenangkan.

Jadwalkan Waktu Khusus Keluarga Secara Rutin
Ambil kalender dan jadwalkan waktu Anda sekeluarga di masing-masing kalender (ayah, ibu, anak yang sudah cukup besar). Begitu disepakati, pastikan untuk mengatakan tidak pada setiap undangan mendadak di waktu yang sama, termasuk menolak permintaan lembur. Bagi keluarga yang suka makan, apa salahnya untuk memasak bersama sekali sepekan. Ini lebih murah ketimbang harus makan di restoran setiap minggu. Cari resep sederhana yang bisa melibatkan seluruh keluarga. Apapun hasilnya, proses memasaknya itu yang lebih mengasyikkan.

Buat Aktivitas Menyenangkan
Diskusikan bersama aktivitas seperti apa yang menyenangkan semuanya. Pastikan semua urun suara dan negosiakan setiap perbedaan. Cobalah terlibat dalam setiap aktivitas yang dijalani anak. Buat permainan yang kreatif dan menyenangkan tanpa melibatkan kompetisi. Luangkan waktu dengan anak tanpa tujuan kecuali kebersamaan.

Ciptakan Prioritas
Ini yang paling sulit dilakukan kebanyakan keluarga. Tapi sekali mampi menetapkan prioritas, semuanya akan lebih mudah.

Benar, semua tidak gampang dijalani. Makanya penting untuk memikirkan bagaimana memiliki waktu berkualitas bersama keluarga. Dalam 5 tahun, mungkin Anda tak bakal ingat saat-saat bekerja, sekolah, dan menjalani aktivitas lain dari hari ke hari. Tetapi keluarga Anda akan mengingat tradisi yang membuat Anda semua dekat. Misalnya tentang hari memasak setiap pekan. Bukan tidak mungkin mereka akan meneruskan tradisi itu ketika berkeluarga nanti. Mengenang kebersamaan akan menjadi kenangan terindah bagi semua anggota keluarga. Setuju?
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.