FPS1000, Kamera Berkecepatan Tinggi Dengan Harga Terjangkau
FPS1000, Kamera Berkecepatan Tinggi Dengan Harga Terjangkau

FPS1000, Kamera Berkecepatan Tinggi Dengan Harga Terjangkau

Mengulas spesifikasi dan harga FPS1000 yang dinilai sebagai salah satu kamera dengan kecepatan tinggi. ilustrasi (Net)

FPS1000, Kamera Berkecepatan Tinggi Dengan Harga Terjangkau
MediaPangandaran.com - Video slow motion terlihat sangat keren ketika dilihat. Namun juga dapat menjadi penting ketika digunakan pada suatu momen. Katakanlah sebagai juri teknis pada sebuah perlombaan untuk menghindari debat ketika dua orang peserta masuk garis finish berdekatan. Masalahnya dibutuhkan kamera berkecepatan tinggi yang dapat menangkap framerate puluhan ribu dalam satu detiknya. Dan kamera seperti ini sangat mahal harganya. Tetapi hal tersebut berubah berkat kamera bernama FPS1000 yang bisa didapatkan dengan harga tak sampai 10 juta rupiah.

Sebagai perbandingan, kamera D-SLR (yang dilengkapi mode perekaman video) dapat merekam video dengan framerate antara 24-30 ..fps. Beberapa kamera bahkan dapat merekam dengan framerate hingga-60 fps. Namun tingkat framerate tersebut belumlah cukup jika ingin mendapatkan video slow motion dengan optimal.

Dengan menurunkan resolusi dan bitrate dari kompresi video, iPhone 6 dapat merekam video dalam framerate 240 fps dalam resolusi HD 720p. Framerate yang ada cukup banyak untuk diputar dan menghasilkan video slow motion.

Nah, kamera FPS1000 ini dapat merekam video 720p dengan framerate 550 fps, tetapi dapat merekam framerate hingga 18.500 fps jika resolusi diturunkan lagi. Untuk mendapatkan video slow motion dengan framerate 18.500 fps, memang resolusinya harus diturunkan hingga 64 x 64 piksel. Jika resolusi tersebut terlalu kecil, maka dapat ditingkatkan ke 640 x 480 piksel yang sudah nyaman. Framerate yang didukung adalah 1.500 fps, cukup banyak untuk membuat sebuah video slow motion.

Namun fitur ini dimiliki oleh versi platinum yang harganya cukup mahal, yakni sekitar $ 1145. Sedangkan paling murah adalah versi silver yang dibandrol $480. FPS1000 dibekali dengan lensa 50 mm f/1.4 dengan dudukan lensa C-type yang populer. Di bagian belakangnya terdapat LCD untuk mengecek preview video. Selain itu mendukung kapasitas penyimpanan berupa onboard memory berkapasitas 32 GB yang dapat diakses melalui USB. Terdapat juga slot microSD dan ditenagai oleh power supply 5 volt. Belum ada kabar mengenai ketersediaan barang. Apakah kamera ini akan dipasarkan di Indonesia atau tidak.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.