Selamat datang di mediapangandaran.com
Cegah Penuaan Dini Dengan Konsumsi Biji Kedelai
Cegah Penuaan Dini Dengan Konsumsi Biji Kedelai

Cegah Penuaan Dini Dengan Konsumsi Biji Kedelai

Biji kedelai ternyata memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini.

Cegah Penuaan Dini Dengan Konsumsi Biji Kedelai
MediaPangandaran.com - Merambatnya usia membuat orang terlihat tua. Dan usia memberikan kontribusi besar terhadap perubahan kulit. Ketika usia bertambah, wajah tak lagi cerah. Riset terbaru Procter & Gamble menyatakan, lebih dari 6.000 wanita di dunia mengalami penuaan dini. Dan riset itu memperoleh tujuh tanda penyebab penuaan kulit. Yaitu bergaris-garis halus, keriput, berbintik-bintik hitam, kering dan kasar, kelam, berpori-pori besar, dan mengalami penurunan elastisitas.

Tapi, secara garis besar, penyebab itu ada dua, intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik lebih banyak dipengaruhi usia dan genetik. Faktor ini akan dialami semua orang tanpa kecuali. Dan hal ini dipengaruhi oleh cara setiap orang memperlambat proses itu. Faktor ini dicirikan oleh hilangnya kelembaban dan kekenyalan kulit karena daya elastisitas dan kemampuannya menahan air berkurang. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah lingkungan seperti polusi, rokok, dan kosmetik, penyakit seperti infeksi, stres, tumor, dan metabolik, seta diet yang tak seimbang. Faktor ini bisa dikendalikan, contohnya sinar ultra violet. Sering terkena sinar ini membuat kulit kemerah-merahan dan bercak-bercak.

Untuk mengatasinya bisa digunakan pelembab kulit, pelindung kulit, payung, atau topi. Sering melakukan diet juga bisa membuat perubahan pada kulit. Ini karena saat berdiet kulit mengalami peregangan secara instan. Kulit yang tadinya melebar dipaksa mengerut. Kalau ini dilakukan secara berulang-ulang, tentu akan menghasilkan bekas. Karena itu, setiap orang yang berdiet harus memperhatikan kebutuhan tubuh. Misalnya dengan rutin memakan makanan yang bergizi tinggi.

Bagaimana cara mengatasi penuaan dini itu secara umum? Tentu saja banyak caranya. Kedelai dikategorikan superfood, makanan yang mengandung banyak fitonutrien, seperti antioksidan, antosianin, vitamin C, mangan, serat, dan isoflavon yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Isoflavon terbukti sangat efektif sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Ia juga terbukti mampu mengurangi garis-garis serta kerutan pada wajah. Manfaat kedelai dalam mencerahkan kulit juga dibuktikan seorang ahli kulit bernama Paine, tahun 2000, Soybean Trypsin Inhibitor (STI) dan Browman Birkprotease Inhibitor (BBI) berfungsi sebagai terapi alami dalam pencerahan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. STI dan BBI cuma ditemui pada biji-biji kedelai.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.