Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Menghilangkan Ketombe dengan Mengkudu
Cara Menghilangkan Ketombe dengan Mengkudu

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Mengkudu

Tips menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan alami, mengkudu.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Mengkudu
MediaPangandaran.com - Rambut sehat tentu rambut yang tidak memiliki masalah seperti ketombe. Namun ketombe akan timbul dengan tidak terduga. Selain dapat merusak rambut, ketombe juga dapat menyebabkan gatal yang akan semakin memperparah timbulnya ketombe. Ketombe muncul karena kulit kepala tidak sehat dan tidak bersih. Pada beberapa orang, masalah ketombe ini timbul terus-menerus.

Ketombe atau nama Latinnya Pytiriasis capitis merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sebenarnya sel-sel kulit mati yang terkelupas merupakan hal alami dan normal terjadi jika jumlahnya sedikit. Tetapi jika mengelupas secara terus-menerus dalam jumlah banyak serta diikuti dengan iritasi pada kulit kepala, maka harus segera diatasi.

Untuk mengatasi ketombe dibutuhkan perawatan rambut yang tepat agar masalahnya tidak semakin parah. Ketombe bisa dicegah dengan sampo antiketombe yang banyak tersedia di pasaran, namun tidak akan menghilangkan ketombe secara keseluruhan. Berbagai treatment menghilangkan ketombe banyak dilakukan di salon maupun klinik kecantikan. Sebenarnya Anda bisa mengatasi masalah ketombe sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami mengkudu.

Selain dapat membantu penyembuhan penyakit kanker dan digunakan untuk perawatan kulit, mengkudu juga bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala. Buah mengkudu sudah dikenal dapat menghilangkan ketombe. Mengkudu memiliki nutrisi yang dibutuhkan rambut. Mengkudu mengandung vitamin C dan berbagai antioksidan serta bersifat antibakteri. Oleh karena itu mengkudu dapat menghilangkan ketombe yang disebabkan adanya bakteri dan infeksi jamur. Sifat asam pada buah mengkudu akan menyeimbangkan pH pada kulit kepala. pH yang seimbang inilah yang dibutuhkan kulit kepala untuk dapat menjaga ketahanan kuit dari infeksi jamur dan bakteri.

Langkah menggunakan buah mengkudu untuk mengatasi ketombe sangatlah mudah. Pilih buah mengkudu yang sudah matang. Setelah itu buah mengkudu diblender hingga halus, lalu ambil airnya dan gunakan pada rambut. Pijatlah kepala secara perlahan-lahan, lalu diamkan selama 10-15 menit agar nutrisi dari buah mengkudu terserap sempurna. Barulah mencuci rambut hingga bersih.

Pemakaian buah mengkudu ini sebaiknya dilakukan sesaat sebelum melakukan keramas agar aroma tidak sedap mengkudu hilang bersama dengan sampo. Cara ini bisa dilakukan secara rutin setiap akan melakukan keramas agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mengkudu merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat, oleh sebab itu pemakaian buah mengkudu untuk rambut tidak akan menimbulkan efek samping.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.