Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Mengecilkan Pori-pori di Wajah Secara Alami
Cara Mengecilkan Pori-pori di Wajah Secara Alami

Cara Mengecilkan Pori-pori di Wajah Secara Alami

Inilah Cara Mengecilkan Pori-pori di Wajah dengan Cara Alami

Cara Mengecilkan Pori-pori di Wajah Secara Alami
MediaPangandaran.com - Memiliki kulit wajah yang berpori-pori besar memang kerap menjadi masalah karena penampilan menjadi kurang nyaman dipandang. Ukuran pori-pori dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu jenis kelamin, usia dan tipe kulit.

Secara umum, ukuran pori-pori laki-laki lebih besar dibandingkan pori-pori wanita. Namun, pembesaran pori-pori merupakan problem yang sering dikeluhkan para wanita apalagi kondisi sosial-ekonomi yang semakin mapan, yang menyebabkan penampilan menjadi salah satu prioritas.

Pembesaran pori-pori juga dikaitkan dengan proses penuaan kulit yang sejalan dengan pajanan sinar ultraviolet. Sedangkan ditinjau dari tipe kulit, pori-pori yang besar merupakan ciri-ciri kulit berminyak. Adapun ciri-ciri kulit berminyak antara lain ukuran pori-pori yang lebih besar, kerap disertai sumbatan, dan terjadi komedo akibat produksi minyak kulit yang lebih banyak.

Mengenai bahan-bahan alami yang dapat mengecilkan pori-pori, sejumlah ramuan herbal secara turun-temurun sudah dipakai dan diturunkan oleh leluhur. Misalnya tomat yang dibuat sebagai masker wajah yang dikatakan bisa mengecilkan pori-pori kulit yang membesar dan dapat mencerahkan warna kulit. Begitu pula penggunaan mentimun, putih telur, baking soda, oatmeal, madu, jeruk nipis dan lain-lain.

Sementara dari sisi medis, berbagai upaya medis banyak dilakukan untuk mengatasi keluhan pembesaran pori-pori. Sebagian upaya tersebut kebetulan terlihat saat awalnya dilakukan pengobatan untuk keluhan bekas jerawat. Terapi yang dilakukan bisa berupa pengolesan obat luar, minum obat tertentu, ditambah dengan beberapa produk antioksidan untuk menghambat proses penuaan kulit, maupun tindakan medis seperti iontoforesis dan terapi laser. Frekuensi pengerjaan terapi dilakukan berdasarkan tipe terapi yang dinilai paling sesuai dengan kondisi setiap orang.

Selain itu, berbagai krim diindikasikan dapat menangani masalah jerawat, kulit berminyak dan peremajaan kulit, yang memiliki efek mengecilkan pori-pori. Kandungan dari krim-krim tersebut antara lain asam retinoat, asam glikolat, asam alfa hidroksi dan lain-lain. Krim tersebut perlu dipakai secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Namun seberapa lama waktu penggunaannya dan frekuensi pemakaiannya berdasarkan bahan utama yang dinilai paling tepat untuk keluhan yang ada. Untuk hasilnya juga sangat individual. Karena itu, untuk pemakaiannya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Secara umum untuk mengurangi keluhan kulit agar penampilan tetap cantik sepanjang usia, sebaiknya melakukan perawatan kulit secara teratur, rutin dan sejak usia dini dengan pemilihan produk perawatan kulit yang tepat seperti pembersih, pelembab, tabir surya dan lain-lain.

Selain itu, bersihkan wajah secara cermat sesuai tipe kulit, memakai bahan eksfoliasi (pengelupasan atau mengangkat sel-sel kulit mati) seperlunya. Gunakan make up secara minimalis atau natural sesuai kepribadian masing-masing, serta siapkan face paper jika diperlukan. Lakukan juga diet seimbang, cukup istirahat dan olahraga, hindari dan kelola stres, serta berkonsultasi dengan dokter jika ada keluhan.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.