Cara Mengatasi Penuaan Dini Akibat Diet Ketat
Cara Mengatasi Penuaan Dini Akibat Diet Ketat

Cara Mengatasi Penuaan Dini Akibat Diet Ketat

Diet tidak selamanya baik bagi tubuh. Diet ketat bisa mengakibatkan penuaan dini.

Cara Mengatasi Penuaan Dini Akibat Diet Ketat
MediaPangandaran.com - Ada dua faktor yang menyebabkan penuaan. Pertama, disebabkan oleh faktor dari dalam yaitu faktor genetik. Kedua, faktor ekstrogen atau faktor dari luar seperti sinar matahari, diet yang berlebihan, serta pemakaian bahan-bahan kimia yang tidak aman. Ketika sudah muncul dampak dari diet ketat, seperti penuaan dini, kulit keriput dan kempot, sebaiknya segera diatasi. Namun bagaimana cara mengatasi penuaan dini akibat diet ketat?

Diet ketat identik dengan mengurangi jumlah makanan yang digunakan untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi sejumlah kalori harian. Umumnya seseorang yang melakukan diet ketat sangat membatasi jumlah makanan. Mereka makan dengan porsi yang sedikit yang disebut diet sangat rendah kalori (very low calorie diet). Tentu efek yang paling cepat adalah kurangnya konsentrasi, lemas, dan pusing. Hal tersebut tentu dapat mempengaruhi produktivitas dan selanjutnya bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan. Karena itu, jika ingin melakukan diet sangat rendah kalori sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan seorang dokter.

Untuk memperbaiki dari dalam dengan minum vitamin, asupan makanan yang seimbang, banyak minum air putih, serta menghindari pancaran sinar matahari. Sinar matahari memang diperlukan untuk pembentukan vitamin D di dalam tubuh, tetapi jika terlalu banyak akan mempercepat proses aging atau penuaan dini.

Selain memperbaiki pola makan seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air serta serat, sebaiknya juga melakukan perawatan kulit. Perawatan kulit dilakukan dengan memakai pelembab. Pelembab berfungsi untuk mengembalikan sawar kulit sehingga sawar kulit kembali bagus. Zat-zat yang kurang di dalam kulit dapat dibantu dengan pemakaian pelembab dari luar.

Sebaiknya juga rutin minum vitamin C untuk pembentukan kolagen. Jika masalah penuaannya terjadi pada wajah, maka sebaiknya memakai krim malam yang fungsinya untuk meregenerasi sel-sel kulit dan regenerasi kulit dipercepat. Dengan dirangsangnya sel-sel kulit baru, akhirnya tumbuh kulit baru dari bawah. Krim malam juga berfungsi untuk mendeferensiasi sehingga kolagen yang tidak teratur menjadi teratur serta memperbaiki keriput dan kerut.

Untuk treatment modern-nya bisa melakukan treatment lifting dengan Laser ataupun radio frekuensi seperti thermage. Treatment tersebut dapat merangsang kolagen dari bawah sehingga terjadi pengencangan kulit.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.